Harga Xpander Naik Lagi di Agustus? Ternyata Ini Penyebabnya

0
400 unit mitsubishi xpander
Gelombang pertama Xpander sudha tiba di Filipina

ROCKOMOTIF, Jakarta – Kesuksesan Mitsubishi Xpander mengalahkan Toyota Avanza di enam bulan pertama 2018 ternyata membuat PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) ikut menuai banyak kecaman. Dari masalah inden yang tak kunjung usai hingga masalah harga yang juga terus naik.

Kabar terakhir adalah Mitsubishi berniat untuk menaikkan harga Xpander per Agustus mendatang. Kabar ini sudah mencuat di sosial media dengan adanya surat dari MMKSI kepada seluruh jaringan dilernya untuk menaikkan harga mobilnya.

Ketika dikonfirmasi kepada pihak MMKSI, Irwan Kuncoro selaku Sales & Marketing Director PT MMKSI pun membenarkan hal itu. Menurut Irwan, banyaknya faktor yang membuat Mitsubishi harus menaikkan harga jual Xpander ke konsumen.

Baca juga: Kesuksesan Xpander Bikin Mitsubishi Buka Diler Baru Tiap Bulan

“Memang kalau di awal tahun kita cukup optimis karena secara keseluruhan kondisi makro ekonomi Indonesia cukup baik. Tapi memang saat ini kita antisipasi adalah melemahnya nilai tukar Rupiah. Kenaikan harga kalau memang kurs tidak baik ya tidak bisa dihindari. kemudian juga tingkat suku bunga itu juga yang harus kita antisipasi,” ujar Irwan saat peresmian diler baru Mitsubishi di Serang, Banten, Selasa (17/7/2018).

Tidak Hanya Xpander

Ternyata kenaikan harga ini tidak hanya terjadi pada Xpander saja, melainkan ada satu model Mitsubishi lain yang juga ikut naik harga.

Hal ini disampaikan oleh Imam Choeru Cahya Head of Sales & Marketing Group PT MMKSI di tempat yang sama. Menurut Imam Mitsubishi Pajero Sport juga naik hingga Rp 5 juta karena ada beberapa komponen yang masih impor.

“Kami memang sudah mengumumkan kepada diler bahwa mulai 1 agustus itu ada kenaikan. Yang saat ini sudah kita umumkan adalah kenaikan untuk Pajero Sport sebesar Rp 5 juta dan Xpander itu Rp 2 juta,” ungkap Imam.

Baca juga: Sambut Setahun Kelahiran, Ada Xpander Baru di GIIAS 2018?

Kenaikan harga ini mulai berlaku per 1 Agustus 2018 mendatang. Tapi bagi konsumen Xpander yang sudah melakukan SPK (surat pemesanan kendaraan) sebelum 1 Agustus akan mendapat harga lama.

“Untuk Xpander kita hitung berdasarkan SPK, karena kita kan belum bisa memenuhi banyak konsumen yang inden Xpander. Hanya berlaku kalau SPK di tanggal 1 Agustus. sebelum itu masih mnegikut ke harga yang lama,” tambahnya.

Sebagai informasi jika Xpander ini juga sudah mengalami kenaikan harga sebanyak 3 kali sejak awal tahun 2018. Dengan adanya kenaikan lagi sebesar Rp 2 juta ini membuat harga Xpander sudah naik Rp 10 jutaan sejak awal 2018 lalu.

Daftar Harga Mitsubishi Xpander per Juli 2018 Area Jabodetabek:

Xpander GLX M/T Rp 194.100.000
Xpander GLS M/T Rp 215.600.000
Xpander Exceed M/T Rp 222.600.000
Xpander Exceed A/T Rp 233.000.000
Xpander Sport A/T Rp 245.200.000
Xpander Ultimate A/T Rp 253.400.000

LEAVE A REPLY