Ini Ubahan dan Fitur Baru Pada Toyota Avanza Facelift

0
avanza facelift
Avanza dan Veloz bukan model baru, hanya mendapat ubahan pada eksterior dan interior

ROCKOMOTIF, Jakarta – Toyota Avanza facelift sudah meluncur di Jakarta, Selasa (15/1/2019) kemarin. Seperti yang sudah lebih dulu bocor di sosial media, ubahan jelas terlihat di tampak depan si mobil sejuta umat ini.

Sudah 15 tahun sejak 2004, PT Toyota Astra Motor (TAM) melahirkan Avanza sebagai mobil keluarga pengganti Toyota Kijang saat itu. Hingga kini sudah ada 1,7 juta unit Avanza yang beredar di jalanan Indonesia. Julukan sebagai mobil sejuta umat pun kian melekat pada Avanza dan kembarannya Daihatsu Xenia.

Saingan demi saingan pun kerap berdatangan ingin mencuri pasar Avanza, tapi hanya Mitsubishi Xpander saja yang berhasil mengguncang Avanza dari posisi puncak mobil terlaris di Tanah Air. Meski selama 2018 kemarin Avanza tetap mengalahkan penjualan Xpander, namun hadirnya Xpander ini patut mengancam eksistensi Toyota di Indonesia.

Untuk itu, TAM pun berbenah dengan menghadirkan Avanza baru. Memang bukan generasi baru melainkan hanya facelift semata, tapi sepertinya hal ini sudah dianggap cukup oleh Toyota untuk mendapatkan pamornya kembali dari Xpander.

Baca juga: Tidak Usah Bicara Tampang, Yang Penting Avanza Baru Harga Lama

Ubahan pun hanya terdapat pada eksterior dan sedikit di interior. Perubahan mendasar pada penampilan Avanza terlihat pada bagian depan. Hadirnya empat lampu headlamp yang dibelah seperti hanya meniru tampang Voxy dan jga Vellfire.

Tampang Avanza dan Veloz terinspirasi dari Voxy dan juga Vellfire

Sementara garis bodi samping masih sama seperti yang dulu. Karena tidak ada ubahan pada sasis dan juga dimensi dari si Avanza ini. Pun begitu di bagian belakang, hanya sedikit aksen tambahan pada lampu belakang. Kalau dilihat sekilas masih tampak garis-garis dari model sebelumnya.

Bagian interior pun hanya mendapat sedikit sentuhan. Seperti tombol start/stop engine, audio layar sentuh berukuran besar dan warna baru interior. Bagian lain adalah kehadiran pengaturan suhu udara digital dan kehadiran kenyamanan seperti outlet power charger tambahan di beberapa tempat.

Jika dibandingkan kompetitor, semua fitur ini memang seperti sudah usang dan tidak bisa dibilang benar-benar baru. Bahkan fitur keselamatan seperti Stability Control dan Hill Start Assist tidak tersedia di Avanza maupun versi termahalnya, Veloz. Apalagi berharap mobil ini ada Cruise Control seperti pada Xpander tipe tertinggi.

Baca juga: Ini Kelebihan Toyota Camry Generasi Terbaru yang Dijual Mulai Rp 600 Jutaan

“Sentuhan yang kami berikan pada new Avanza dan new Veloz senantiasa didasarkan kebutuhan pasar,” kata Vice President Director PT TAM, Henry Tanoto.

Sisanya pun seperti tidak ada fitur baru, seperti Dual SRS Airbags, Seatbelt with Pretensioner & Force Limiter, ABS, ISOFIX, 3-Points Seatbelt, Side Impact Beam, dan Front Passenger Seat belt Warning.

Bagian mesin pun masih sama, tidak ada yang berubah. Mesin 1.5L menggunakan mesin IL 4 silinder 16V DOHC 1.496 cc dengan output tenaga 104 ps / 6.000 rpm dan torsi 13,9 kgm/4.000 rpm. Untuk mesin 1.3L menggunakan mesin IL 4 silinder 16V DOHC Dual VVT-I 1.329 cc dengan output tenaga 96,5 ps/6.000 rpm dan torsi 12,3 kgm/4200 rpm.

Dengan segala usaha Toyota dengan Avanza baru ini, mereka tidak menaikkan harga mobil sejuta umat ini. Harapannya tentu konsumen tidak akan berpaling ke kompetitor yang harganya sedikit lebih mahal dari Avanza.

LEAVE A REPLY