Raksasa Otomotif Jepang Siap Guyur Investasi di Indonesia

0
suzuki indonesia
Suasana produksi Suzuki Ertiga di pabrik Cikarang

ROCKOMOTIF, Jakarta – Lewat kunjungan kerja Menteri Perindustrian Republik Indonesia, Agus Gumiwang Kartasasmita ke Jepang akhir pekan lalu (11/3/2021), membawa kabar positif lantaran empat raksasa otomotif Jepang yakni Toyota, Honda, Mitsubishi dan Suzuki, berkomitmen untuk melakukan investasi secara besar-besaran.

Melalui keterangan resminya, Kementerian Perindustrian, menjelaskan perihal besaran investasi yang akan ditanamkan di Indonesia dalam beberapa waktu mendatang.

“Pertemuan berjalan dengan baik dan membawa kabar gembira, karena beberapa perusahaan otomotif besar dan petrokimia menyatakan komitmen berinvestasi di Indonesia,” ujar Agus Gumiwang, melalui keterangan resminya.

Baca juga: Mitsubishi Siap Hadirkan Xpander PHEV, Kucurkan Investasi Rp 11,2 Triliun!

Jika dirinci, dari ketiga investasi yang akan ditanamkan, Toyota, menjadi pabrikan yang paling besar untuk menggelontorkan dananya di Indonesia. Kemudian diikuti oleh Mitsubishi, Honda dan Suzuki.

Mengenai besarannya, Toyota sudah berkomitmen untuk mengeluarkan dana sebesar Rp 28 triliun, Mitsubishi sebesar Rp 11,2 triliun, Honda Rp 5,2 triliun dan Suzuki sebesar Rp 1,2 triliun.

“Kami terus mendorong agar mereka segera melakukan investasi dan membangun pabrik di Indonesia. Mereka akan segera mempertimbangkan dan memperhitungkan untuk kebutuhan investasi di Indonesia. Mudah-mudahan nanti pada kunjungan kami selanjutnya di bulan Mei dapat mendengar perkembangan dari Mazda untuk berinvestasi di Indonesia,” tambah Menperin.

LEAVE A REPLY