Apa Perbedaan Hyundai Stargazer dan Stargazer X? Ini Detailnya

0
Beda Hyundai Stargazer X

ROCKOMOTIF, Solo – PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) baru saja merilis versi crossover dari MPV Stargazer yang diberi nama Stargazer X di ajang GIIAS 2023 kemarin. Harga yang lebih mahal menjadikan Stargazer X ini mirip seperti Xpander dan Xpander Cross, serupa tapi tak sama.

Nah apa saja perbedaan antara Hyundai Stargazer dengan Stargazer X ini? Pastinya secara tampilan ada sedikit perbedaan, karena Stargazer X mengusung gaya crossover alias tampak seperti sebuah SUV.

“Pertama kalau kita bicara kosmetik jelas berubah ya. Bumper, grill, kap mesin, over fender hingga ke diameter velg,” jelas Bonar Pakpahan, Product Expert PT HMID di sela-sela acara Media Drive Hyundai Stargazer X.

Baca juga: Hyundai Stargazer X Mengaspal di GIIAS 2023, Harga Mulai Rp325 Jutaan

 

Hyundai stargazer x

Selain itu masih ada lagi ubahan, untuk interior dan juga fitur-fitur di Stargazer X.

Di bagian interior, Stargazer X ini juga masih tersedia pilihan untuk jok captain seat di baris kedua dengan aksen jahitan merah.

“Kalau kita masuk ke interiornya, tipe yang ada leather itu juga ada aksen-aksen merah jahitan dengan benang merah, terus dashboard dengan piano black, dan lainnya,” bebernya lagi.

Dari sisi pengendalian, menurut Bonar tidak ada ubahan di sistem suspensi. Masih sama seperti Stargazer, hanya saja ukuran diameter velg yang lebih besar yaitu 17 invi di Stargazer X membuat mobil ini punya ground clearance yang lebih tinggi jadi 200 mm.

Baca juga: New Stargazer Essential Lengkapi Pilihan Baru untuk Konsumen

“Nah, kalau bicara suspensi, sepemahaman saya tidak ada perubahan. Kecuali, velgnya. Jadi kan kalau Stargazer yang biasa itu dia ring 16 bannya 205/55 R16, nah kalau yang ini karena ring nya jadi 17 untuk berusaha agar bisa memaintain total diameter yang semirip mungkin. Saya ngga bisa bilang sama karena ngga mungkin sama, tapi semirip mungkin maka profilnya dikecilin dari 55 menjadi 50 dengan lebar tapak yang sama 205. Karena perubahan velg itulah maka ground clearance-nya naik dari 195mm jadi 200mm,” tambah Bonar.

Media drive hyundai Stargazer x

Selain itu, di Stargazer X kini punya piranti cakram di depan dan belakang dan juga sudah ada electric parking brake dengan brake hold. Sementara di Stargazer biasa tidak tersedia.

Untuk fitur, Stargazer X punya fitur yang mirip dengan Stargazer tipe tertingginya. Mulai adanya fitur Cruise Control sampai ke fitur keselamatan mumpuni seperti hadirnya Hyundai SmartSense yang di dalamnya terdiri dari Forward Collision-Avoidance Assist (FCA).

Baca juga: Hyundai Dominasi Pabrikan Jepang, Catat 3 Ribu Lebih SPK di GIIAS 2023

Hyundai Stargazer X ini dibekali dengan mesin empat silinder segaris Smartstream G4FIII berkapasitas 1.5 liter yang mampu memproduksi tenaga 115 PS dengan torsi puncak 143,8 Nm untuk menawarkan performa yang responsif.

HMID memasarkan Stargazer X mulai dari Rp325 jutaan untuk varian Style dan Rp336 jutaan untuk varian Prime.

Sementara Hyundai Stargazer sendiri dipasarkan mulai dari Rp247,2 juta hingga tipe termahal mencapai Rp316 jutaan.

 

LEAVE A REPLY