Pameran GIIAS 2023 Diharapkan Jadi Penopang Industri Otomotif

0
Pameran GIIAS 2023 diharapkan jadi penopang pertumbuhan industri otomotif nasional
Pameran GIIAS 2023 diharapkan jadi penopang pertumbuhan industri otomotif nasional

ROCKOMOTIF, Jakarta – Pada penyelenggaraan GIIAS Power Dinner, GAIKINDO juga menyampaikan melalui menyelenggarakan pameran GIIAS 2023 diharapkan bisa menjadi pendorong pertumbuhan industri otomotif Indonesia.

Berlangsung pada 10-20 Agustus 2023, merupakan penyelenggaraan pameran otomotif GAIKINDO yang ke-30, sejak pertama kali diinisiasi pada tahun 1986 lalu. Dengan total peserta kendaraan bermotor  terbanyak, penyelenggaraan GIIAS tahun ini menjadi tonggak sejarah bagi GAIKINDO, dengan penyelenggaraan pameran, GAIKINDO telah menampilkan berbagai pencapaian, dan karya industri otomotif Indonesia kepada masyarakat.

Penyelenggaraan pameran GIIAS 2023 juga mendapatkan perhatian dan dukungan penuh dari Kementerian Perindustrian, yang melihat event ini sebagai ajang pendorong pertumbuhan industri, serta ajang edukasi masyarakat mengenai kemajuan produk otomotif Indonesia yang berstandar global, sekaligus menumbuhkan minat masyarakat untuk menggunakan kendaraan bermotor yang rendah emisi dan ramah lingkungan, sehingga nantinya dapat meningkatkan ketahanan energi dan memacu pertumbuhan ekonomi nasional Indonesia.

”Industri otomotif Indonesia berhasil menutup tahun 2022 dengan capaian yang sangat baik, bahkan melebihi capaian sebelum pandemi, semua ini dapat dicapai dengan dukungan dan kebijakan dari Kementerian Perindustrian, khususnya dibawah arahan Bapak Menteri,” ujar Yohannes Nangoi, Ketua Umum GAIKINDO.

Menurutnya dengan kebijakan PPnBM DTP, pembangunan pelabuhan khusus kendaraan Patimban, serta perkembangan pesat infrastruktur jalan, pertumbuhan wholesale kendaraaan pada tahun 2022 naik hingga 18% dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Sehingga tahun 2022 lalu, secara global produksi kendaraan bermotor di Indonesia naik empat peringkat menduduki peringkat ke-11, sementara untuk penjualan domestik Indonesia juga naik menjadi posisi ke-14 dunia.

Nangoi juga menyampaikan bahwa dengan pendekatan agresif dari Kementerian Perindustrian kepada para prinsipal merek kendaraan  global, industri otomotif Indonesia juga berhasil menggenjot kenaikan ekspor hingga 60 persen, mencapai angka tertinggi lebih dari 470 ribu unit. ”GAIKINDO bersama industri otomotif Indonesia akan terus berkomitmen kedepannya untuk terus meningkatkan pasar domestik dan mendorong peluang Indonesia menjadi basis produksi untuk kegiatan ekspor,” ungkap Nangoi.

GIIAS 2023 akan menghadirkan informasi dan edukasi mengenai produk dan teknologi terkini dari total 49 merek kendaraan penumpang, komersial, dan juga kendaraan roda dua. 34 merek kendaraan penumpang dan komersial diantaranya adalah Audi, BMW, Chery, Citroen, Daihatsu, DFSK, GWM Tank, Haval, Honda, Hyundai, KIA, Lexus, Maxus, Mazda, Mercedes-Benz, MG, MINI, Mitsubishi Motors, Neta, Nissan, Ora, Porsche, Seres, Subaru, Suzuki, Toyota, Volkswagen, Volvo, Wuling. 5 merek dari kendaraan komersial hadir Hino, Isuzu, Mitsubishi Fuso, Toyota Komersial, UD Trucks. Selain kendaraan roda empat tersebut, ada lebih dari 100 merek dari sepeda motor dan industri pendukung juga hadir di GIIAS 2023.

LEAVE A REPLY