Ekspor Motor Listrik, Menhub Ingatkan Kualitas dan Kelayakan

0
Ekspor motor listrik harus perhatikan kualitas dan kelayakan
Ekspor motor listrik harus perhatikan kualitas dan kelayakan

ROCKOMOTIF, Jakarta – Dalam menghadiri seremonial ekspor motor listrik produksi Indonesia yang dilakukan oleh PT Terang Dunia Internusa sebagai induk dari United E-Motor ke pasar otomotif Malaysia, Menteri Perhubungan Indonesia, Budi Karya Sumadi, menyampaikan apresiasinya.

Di samping itu, bukan hanya terkait keberhasilan PT TDI dalam memasarkan produknya ke luar Indonesia, namun Budi Karya Sumadi juga berpesan bahwa PT TDI harus menjaga kualitas produknya agar langkah ekspansi ini bisa terus berjalan dengan baik.

“Kualitas dan kelayakan juga harus diperhatikan. Karena kalau produknya tidak layak, maka nanti hanya satu kali ekspor motor listrik setelah itu selesai,” ujar Budi Karya Sumadi, di sela-sela seremonial yang dilangsungkan di Jakarta, Senin (11/9/2023) lalu.

Bahkan, untuk terus mendukung kualitas dari produk dalam negeri yang dikirim ke luar, pemerintah masih menurut Budi Karya Sumadi, pihaknya telah menyediakan fasilitas berupa adanya pelabuhan untuk proses pengiriman serta akan membuat proving ground sebagai lahan untuk menguji suatu produk.

“Kita di kabinet saling membantu untuk mengembangkan ekspor motor listrik atau barang jadi. Saat ini kita sudah menyelesaikan Pelabuhan Patiban, dan akan membuat proving ground, yang nantinya bisa digunakan untuk melakukan tes terhadap kendaraan-kendaraan yang akan di kirim ke luar,” tambah Budi.

Selain itu, ia juga kembali menambahkan bahwa sebagai salah satu pasar terbesar di ASEAN, Indonesia, juga diharapkan bisa menghasilkan angka pengiriman barang ke negara tetangga yang besar sehingga bisa menjadi salah satu pemain terpenting dalam industri, terlebih untuk sektor otomotif.

“Dan kita ini jadi pasar terbesar di ASEAN, dan itu belum cukup, seperti menjadi dosa apabila kita tidak melakukan ekspor motor listrik. Jadi saya sepakat, angka yang tadi dikatakan Pak Jerry Sambuaga (Wamen Perdagangan), berarti Indonesia semakin maju. Oleh karenanya, saya ucapkan terima kasih, kepada semua pihak yang telah memberikan dukungan atas upaya-upaya kita terkait pengembangan, dan Insya Allah kita menajdi negara ekspor terbesar,” pungkasnya.

Dalam melakukan ekspansi motor listrik United E-Motor ke negeri Jiran, PT TDI menargetkan akan mengekspor sebanyak 1.000 unit pada tahun 2023. Kemudian, pada tahun 2024, pihak TDI juga menambahkan bahwa akan melakukan ekspor sebanyak 5.000 unit demi memenuhi kebutuhan pasar otomotif Malaysia.

LEAVE A REPLY