Lewat Fitur Eco Riding, Konsumsi BBM Motor Honda Jadi Lebih Irit

0
Fitur eco riding pada skutik Honda dapat menekan penggunaan BBM
Fitur eco riding pada skutik Honda dapat menekan penggunaan BBM

ROCKOMOTIF, Jakarta – Untuk menghemat penggunaan bahan bakar pada sebuah kendaraan, fitur eco riding menjadi salah satu hal memengaruhi konsumsi bensin selama berkendara.

Sebelum adanya teknologi yang disematkan tersebut, untuk menghemat bahan bakar bisa dilakukan dengan beberapa cara, salah satunya adalah dengan cara memutar gas yang tidak terlalu tiba-tiba. Hal ini dikarenakan bila puntiran gas dibuka terlalu tiba-tiba akan menyebabkan semburan bahan bakar menjadi lebih besar dari keadaan normalnya.

Seiring dengan teknologi yang berjalan, pada 2005 teknologi injeksi baru diperkenalkan di Indonesia, dengan hadirnya teknologi tersebut maka ada perubahan dari sistem pengkabutan bahan bakar karburator ke injensi. Tujuannya, dengan adanya teknologi injeksi ini adalah guna menekan penggunaan bahan bakar agar lebih irit namun tenaga yang dihasilkan tetap bertenaga.

Bicara terkait penggunaan fitur eco riding pada sepeda motor, pada produk Honda beberapa model yang mengusung teknologi tersebut antara lain BeAT Street, BeAT Sporty, Scoopy serta Genio. Model-model ini telah dilengkapi dengan indikator yang ditempatkan di speedometer dan berwarna biru sebagai penanda bahwa penggunaan konsumsi bahan bakar sudah efisien.

Adapun sistem ini dapat bekerja secara maksimal pada saat kecepatan sepeda motor berada pada rentang 40 – 60 kpj dan dapat dilakukan secara konsisten. Tujuannya, dengan konsistensi kecepatan tersebut akan menghasilkan penggunaan bahan bakar yang lebih optimal sehingga tidak ada yang berlebihan.

Agar fitur eco riding ini bisa berjalan maksimal, ada beberapa hal yang harus dilakukan berdasarkan saran dari Astra Honda Motor :

1. Hindari buka gas secara mendadak, cukup diurut saja secara perlahan dengan kecepatan simultan agar semburan bahan bakar yang keluar dari injector tak mengalir deras.

2. Usahakan menjaga kecepatan konstan baik di putaran mesin rendah maupun tinggi. Mempertahankan kecepatan konstan di putaran mesin rendah akan mengurangi penggunaan rem.

3. Manfaatkan fitur Eco Indicator yang terpasang di panel meter sepeda motor. Fitur ini umumnya ada di motor-motor matik Honda seperti BeAT Street, BeAT Sporty, Scoopy dan skutik terbaru Honda Genio. Lampu Eco Indicator akan menyala terang saat Anda berada pada gaya berkendara irit bahan bakar. Saat Anda melihat lampu indicator itu menyala terang, maka pertahankan kecepatan motor Anda.

4. Duduklah di posisi yang benar. Artinya tubuh tepat berada di center of gravity sepeda motor atau tidak duduk terlalu ke belakang atau terlalu ke depan.

5. Tidak memodifikasi motor secara berlebihan seperti mengganti ban melebih batas yang dianjurkan, menggunakan knalpot racing, menambah box motor dan mengganti roller CVT yang akan memengaruhi kerja mesin.

LEAVE A REPLY