Produsen Mobil Tiongkok Siap Bersaing di World Car of The Year 2024

0
Finalis mobil terbaik dunia 2024
Finalis mobil terbaik dunia 2024 juga diikuti oleh pabrikan asal Tiongkok

ROCKOMOTIF, Jakarta – Dari semua produk yang telah dirilis antara rentang waktu pada 1 Januari 2022 sampai 30 Maret 2023, penyelenggara telah menetapkan finalis mobil terbaik dunia 2024.

Dalam proses seleksi tersebut, ada 36 unit yang telah masuk dalam nominasi di mana dari total tersebut ada sekitar 15 unit yang diproduksi oleh produsen asal Tiongkok.

Ini menjadi sebuah pencapaian baru, di mana finalis mobil terbaik dunia 2024 tidak hanya didominasi oleh dari pabrikan Jepang, Amerika dan Eropa semata. Dikutip dari Carbuzz, pemilihan kandidat tersebut diambil berdasarkan beberapa pertimbangan, yakni model tersebut telah dijual di dua pasar besar di dua benua terpisah, serta telah diproduksi minimal 10.000 unit per tahun dan harus diberi harga di bawah kelas mewah di pasar masing-masing.

Bicara terkait unit Tiongkok yang masuk dalam kandidat tersebut di antaranya 3 model dari BYD, termasuk Seal sebuah sedan listrik yang beradu pasar dengan Tesla Model 3. Sementara beberapa produsen lainnya, adalah GWM Haval H6, Nio ET5, dan Zeekr X.

Sementara itu, finalis mobil terbaik dunia 2024 juga dimeriahkan dengan hadirnya mobil listrik, di mana pabrikan asal Jerman, Volkswagen, melalui kehadiran ID.7, Abarth 500e, Fisker Ocean, Kia EV9 dan Hyundai Kona Electric, menghiasi kandidat pemilihan tersbeut.

Finalis mobil terbaik dunia 2024
Deretan finalis mobil terbaik dunia 2024

Bicara mengenai persaingannya, produk terbaik Mitsubishi Outlander akan bersaing dengan Ford Bronco, Mazda CX-50 dan CX-90, Hyundai Santa Fe, Toyota Prius, dan Citroen C3 Aircross. Berdasarkan penghargaan World Car of The Year, semua kendaraan dalam kategori World Electric Vehicle, World Urban Car, dan World Performance Car juga dapat diikutsertakan dalam kompetisi WCOTY yang lebih besar, akan tetapi hal ini bergantung pada harga dan jenis kendaraan.

Di samping itu, finalis mobil terbaik dunia 2024 juga akan secara otomatis masuk dalam penilaian World Car Design of The Year. Pada tahun lalu, mobil listrik Hyundai Ioniq 6 tidak hanya memenangkan penghargaan secara keseluruhan, tetapi mobil ini juga berhasil meraih penghargaan World Electric Vehicle dan Word Car Design.

Berikut mobil-mobil yang masuk penilaian :
Abarth 500e
BYD Atto 3 / Yuan Plus
BYD Lumba-lumba
Segel BYD / Atto 4
Chevrolet Trax
Citroen C3 Aircross (IND, LATAM)
Dorcen E20 / Elaris Dyo
Laut Fisker
Ford Bronco
GWM Haval H6
GWM ORA 07 / Kucing Petir / Kucing Besar
Honda e:Ny1 / e:NS1 / e:NP1
Hyundai Kona / Kona Listrik
Hyundai Santa Fe
KG Mobilitas Torres / SsangYong Torres
Kia EV9
Lexus LBX
Maxus Mifa 9
Mazda CX-50
Mazda CX-90
MG Satu
Mitsubishi Outlander
NIO ET5
Omoda O5 / Chery Arizzo 5
Peugeot 408 / 408X
Ser 5 / SF5
Subaru Crosstrek
Suzuki Frontx
ToyotaPrius
Volkswagen ID.7
Volvo EX30
Kopi WEY 02 / Latte 02
XPeng G9
XPeng P7
Zeekr 001
Zeekr X

LEAVE A REPLY