Wajib Tahu, Begini Cara Mengetahui Busi NGK Asli atau Palsu

0
Busi NGK asli bisa dibedakan dengan cara seperti ini
Busi NGK asli bisa dibedakan dengan cara seperti ini

ROCKOMOTIF, Tangerang – Untuk memastikan produk yang digunakan oleh end user bisa memberikan performa yang maksimal pada kendaraan, ada beberapa cara yang harus diperhatikan untuk mengetahui apakah busi NGK asli atau tidak.

Diko Oktaviano sebagai Technical Support PT Niterra Mobility Indonesia, memberikan informasi bagi konsumen agar tidak tertipu dengan barang yang abal-abal. Hal ini harus diperhatikan lantaran sudah banyak beredar barang palsu dengan menggunakan merek asal Jepang tersebut.

Untuk mengetahui busi NGK asli atau tidak, ada lima cara yang harus diperhatikan oleh end user. Dalam pemaparannya, pengecekan hal tersebut tidaklah rumit, karena bisa dilihat dengan mata telanjang dan tidak perlu alat khusus.

“Pertama, perhatikan marking atau tulisan NGK pada barang yang palsu itu agak pudar. Kemudian bahwa saat ini, yang palsu pun dibekali load number, tapi mereka membuatnya dengan ukiran yang kasar, tidak seperti yang original,” ungkap Diko, di Tangerang, Rabu (24/1/2024).

Ia juga melanjutkan, selain dua hal di atas, ada lagi pengecekan berikutnya agar mengetahui busi NGK asli atau bukan. Meskipun yang palsu kini dibekali dengan load number, namun ada ciri khas tertentu yang bisa diperhatikan oleh konsumen.

“Sekarang yang palsu juga bikin load number, hanya saja kalau yang asli itu ada kombinasi huruf dengan angka. Tidak seperti yang palsu, hanya ada huruf di depan, dan sisanya angka semua,” tambahnya.

Adapun hal lain yang perlu dicek busi NGK asli adalah gasket yang ada pada bagian businya. Bila membeli komponen ini namun ring tersebut diberikan terpisah, tidak langsung terpasang pada bagian utama, maka bisa dipastikan itu adalah barang palsu.

“Ini sering terjadi pada pemilik motor Vespa 2 Tak. Biasanya mereka membeli dengan kondisi ring yang dipisah, dan itu sudah jelas bahwa barang palsu,” beber Diko lagi.

Sementara hal terakhir yang bisa diperhatikan apakah busi NGK asli atau bukan, bisa memperhatikan bentuk ground electrode, di mana untuk produk bawaan pabrik secara resmi memiliki welding yang rapih, dan tidak overlap dari insulator. Justru sebaliknya, barang palsu, bisa dipastikan antara proses welding tidak bagus dan ground electrode ini kerap overlap dari insulator. (*)

LEAVE A REPLY