Mitsubishi Mulai Jual Mobil listrik L100 EV Buat Konsumen Niaga di Indonesia

0
mobil listrik niaga mitsubishi l100 ev iims 2024

ROCKOMOTIF, JakartaMitsubishi Motors mulai menjual mobil listrik niaga untuk konsumen Indonesia yaitu L100 EV yang diumumkan di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024. Ini merupakan mobil listrik pertama yang diniagakan oleh PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) untuk pasar Indonesia.

Mitsubishi L100 EV ini merupakan model kei-car kendaraan niaga ringan berbasis baterai (BEV) dan dilengkapi komponen listrik termasuk motor dan baterai penggerak.

“Kami yakin bahwa Mitsubishi L100 EV sangat kompetitif secara produk, baik dari segi spesifikasi dan range harga yang ditawarkan, sehingga model ini dapat diserap dengan baik oleh pasar di Indonesia yang membutuhkan kendaraan operasional untuk mendukung bisnisnya, terutama konsumen fleet,” ungkap Atsushi Kurita, Presiden Direktur PT MMKSI.

mobil listrik niaga mitsubishi l100 ev iims 2024

Menurut Kurita, dari hasil proof of concept (POC) yang telah dilakukan bersama para partner disimpulkan bahwa L100 EV menawarkan keunggulan baik dari sisi produk maupun operasional.

Baca juga: Mitsubishi Telan Pil Pahit, Penjualan Xpander Tahun 2023 Anjlok

“PT Pos Indonesia sebagai salah satu partner pelaksana dalam aktivitas POC telah mengutarakan intensi lebih lanjut untuk menggunakan L100 EV pada kegiatan operasional logistik di hub Ibu Kota Nusantara (IKN),” tambah Kurita.

Produksi dalam negeri

Sebagai mobil listrik pertama yang diniagakan di Indonesia, Mitsubishi juga sudah melakukan produksi Mitsubishi L100 EV secara lokal di pabrik Cikarang. Mitsubishi L100 EV ini telah dimulai produksinya pada Desember 2023 di fasilitas perakitan Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia (MMKI) di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, dan sekaligus menandakan produksi model ini pertama kalinya di luar Jepang.

Sebelumnya Mitsubishi Motors bersama MMKSI telah melakukan aktivitas Proof of Concept (POC) di Indonesia bersama dengan beberapa partner dari perusahaan yang bergerak dibidang logistik dan jasa sejak tahun 2020. Aktivitas POC yang dilakukan bersama para partner tersebut, disimpulkan bahwa Mitsubishi L100 EV mampu mengakomodir kebutuhan untuk mendukung aktivitas operasional sehari-hari.

mobil listrik niaga mitsubishi l100 ev iims 2024

Dengan ukuran yang ringkas dengan kemudahan pengendaraan – termasuk turning radius yang kecil; electric power steering & A/T Transmission; performa yang baik di jalan; suspensi yang nyaman; serta terdapat air conditioner (AC) yang mendukung kenyamanan.

Baca juga: Mitsubishi Minicab MiEV Akan Diproduksi di Indonesia Akhir Tahun 2023

Sedangkan dari sisi operasional, Mitsubishi L100 EV memiliki biaya operasional yang efisien, dan juga license plate yang mendukung mobilitas dengan terbebas dari kawasan ganjil-genap (di wilayah Jakarta).

Mobil niaga listrik ini memiliki jangkauan jelajah yang telah diperluas hingga 180 km (dalam mode WLTC) per pengisian daya, yang merupakan peningkatan sekitar 20% dibandingkan model sebelumnya.

mobil listrik niaga mitsubishi l100 ev iims 2024

Untuk pengisian daya normal pada AC200V (15A) memerlukan waktu kurang lebih 7,5 jam untuk mengisi penuh baterai, sehingga jika baterai diisi pada malam hari, baterai akan terisi penuh dan siap digunakan pada keesokan harinya. Selain itu, baterai dapat terisi hingga 80% dalam waktu sekitar 42 menit3 dengan pengisian cepat.

Untuk harganya, MMKSI memasarkan L100 EV di harga Rp 320 juta dan hanya tersedia satu varian yaitu Two-Seaters Blind Van di mana warnanya hanya ada satu yaitu White Solid.

Harga spesial ini berlaku selama periode Februari – April 2024. Untuk layanan purna jual dari Mitsubishi L100 EV ini mencakup garansi unit kendaraan hingga 5 tahun/ 100.000 km dan garansi baterai hingga 8 tahun/ 160.000 km.

LEAVE A REPLY