Honda dan Nissan Gandeng Tangan Kembangkan Kendaraan Listrik di Jepang

0
honda dan nissan kolaborasi bangun kendaraan listrik

ROCKOMOTIF, TokyoHonda dan Nissan, dua raksasa otomotif Jepang, sepakat untuk menjalin kerjasama dalam pengembangan kendaraan listrik di Jepang. Kolaborasi ini bertujuan untuk mempercepat langkah kedua perusahaan menuju netralitas karbon dan meningkatkan teknologi keselamatan canggih.

Kerjasama ini akan mencakup studi dan riset bersama dalam berbagai bidang, termasuk untuk urusan perangkat lunak otomotif, komponen inti kendaraan listrik, dan produk-produk lainnya yang terkait dengan elektrifikasi.

“Di tengah transformasi industri otomotif yang terjadi sekali dalam satu abad ini, kami ingin mengkaji potensi kerjasama antara Nissan dan Honda. Kami ingin melihat apakah sinergi teknologi dan pengetahuan kedua perusahaan dapat mengantarkan kami menjadi pemimpin industri dengan menciptakan nilai baru bagi industri otomotif,” ungkap Presiden Honda Toshihiro Mibe.

Baca juga: Penjualan All New Honda CR-V Meningkat 11%, Honda Optimis Jelang Lebaran

Honda sendiri memiliki visi global untuk mencapai netralitas karbon untuk semua produk dan aktivitas perusahaan pada tahun 2050. Untuk mewujudkannya, Honda berencana meluncurkan 30 mobil berbasis listrik secara global pada tahun 2030, dengan target produksi 2 juta unit per tahun.

Sementara Presiden Nissan Makoto Uchida menambahkan, “Penting bagi kami untuk mempersiapkan diri menghadapi transformasi mobilitas yang semakin cepat di masa depan. Kesepakatan ini tercapai berdasarkan pemahaman bersama bahwa Honda dan Nissan menghadapi tantangan yang sama. Kami menantikan diskusi lebih lanjut dan bertujuan untuk menemukan solusi yang saling menguntungkan bagi pertumbuhan berkelanjutan kedua perusahaan.”

Kerjasama Honda dan Nissan dalam pengembangan kendaraan listrik di Jepang merupakan langkah strategis untuk mencapai netralitas karbon dan meningkatkan teknologi keselamatan.

Baca juga: Mobil Listrik Nissan Ariya Nismo Dibekali Tenaga 430 Hp

Langkah Elektrifikasi Honda di Indonesia

Di Indonesia, Honda telah memasuki era elektrifikasi dengan meluncurkan dua produk hybrid, yaitu All New Honda CR-V RS e:HEV dan All New Honda Accord RS e:HEV. Untuk kendaraan listrik, Honda saat ini berada di tahap riset dan pengenalan.

Sebagai bagian dari riset, Honda telah berkolaborasi dengan Universitas Indonesia dan Pertamina. Dalam tahap pengenalan, Honda bekerja sama dengan Jakarta Good Guide untuk berkeliling Jakarta menggunakan teknologi elektrifikasi Honda.

LEAVE A REPLY