Toyota GR Supra GT4 Rajai Race Pertama Japan Cup 2024

0
Toyota GR Sport GT4 jadi juara pertama di Fuji Japan Cup 2024
Toyota GR Sport GT4 jadi juara pertama di Fuji Japan Cup 2024 (Foto: TGRI/Andra Nidiawan)

ROCKOMOTIF, Jakarta – Performa Toyota GR Supra GT4 yang diturunkan oleh Toyota Gazoo Racing Indonesia (TGRI) dalam putaran kedua Japan Cup 2024 di Sirkuit Fuji Speedway, Jepang, sukses menaklukan persaingan dengan hasil gemilang.

Sepanjang race pertama yang berlangsung pada Sabtu (22/06/2024) petang, kolaborasi apik dari Haridarma Manoppo dan Kazuhisa Urabe berhasil mempertahankan singgasana podium pertama.

Terlebih ketika bicara terkait mobil balap andalan, Toyota GR Supra GT4, hal ini telah mendapatkan settingan terbaik dari tuner sehingga mampu tampil maksimal. Hasilnya, Haridarma yang menjadi pembalap pertama, sukses melampaui rivalnya yang meraih Pole Position.

Toyota GR Sport GT4 jadi juara pertama di Fuji Japan Cup 2024
Haridarma (ketiga dari kiri) dan Kazuhisa Urabe (ketiga dari kanan) bawa TGRI juara pertama (Foto: TGRI/Andra Nidiawan)

“Saya sebagai pembalap pertama memulai balapan dari posisi kedua. Saya akhirnya bisa menyusul pembalap yang ada di depan dan mempertahankannya hingga pergantian pembalap, saya tetap leading,” ujar Haridarma Manoppo.

Begitu mobil Toyota GR Supra GT4 diambil alih oleh Kazuhasi Urabe, posisi terdepan harus rela diambil alih oleh Masaki Kano dari YZ Racing. Pengambilalihan posisi tersebut dikarenakan adanya pinalti yang diberikan  kepada TGRI, di mana mereka berhasil menjuarai race kedua di Sugo Sportland, Jepang, dua pekan lalu.

“Karena pada race kedua di Sugo Sportland saya menang, untuk race selanjutnya di Fuji Speedway ini, waktu saya di pit ditambah 15 detik dan ini memang diatur di regulasi. Oleh karena itu, ketika Urabe keluar pit, dia ada di posisi kedua,” jelas Hari.

Toyota GR Sport GT4 jadi juara pertama di Fuji Japan Cup 2024
Performa mobil balap Toyota GR Supra GT4 puncaki podium di Fuji Speedway (Foto: TGRI/Andra Nidiawan)

Namun sayang, berdasarkan informasi dari race director, Masaki Kano melakukan kesalahan dalam balapan sehingga ia diganjar pinalti 10 detik. Ini yang membuat hasil akhir berubah total, sehingga TGRI melalui amunisnya Toyota GR Supra GT4 bisa naik satu peringkat dan berhasil menempati podium tertinggi.

“Pada waktu finish, gap kami dengan Kano ada sekitar 5 detik dari dia yang ada di depan. Tapi karena ada pinalti tadi, jadi kami bisa podium pertama,” sambungnya.

Toyota GR Sport GT4 jadi juara pertama di Fuji Japan Cup 2024
Haridarma (kiri) dan Kazuhasi Urabe (kanan) memegan trofi kemenangan Japan Cup 2024 (Foto: TGRI/Andra Nidiawan)

Meskipun Toyota GR Supra GT4 yang ia kemudikan terasa understeer di beberapa sektor sirkuit, namun hal tersebut bisa teratasi dengan baik dan sukses mempertahankan pace sepanjang balapan.

“Hari ini kita Alhamdulillah menang,” pungkasnya. (*)

LEAVE A REPLY