Pabrik Mobil Listrik VinFast di Indonesia Hadir di Jawa Barat

0
Pabrik mobil listrik VinFast segera beroperasi di Jawa Barat
Pabrik mobil listrik VinFast segera beroperasi di Jawa Barat

ROCKOMOTIF, Jakarta – Sebagai langkah strategis memasuki pasar otomotif Indonesia, pabrik mobil listrik VinFast akhirnya resmi beroperasi sebagai langkah strategis dari perusahaan untuk memikat konsumen di Tanah Air.

Kehadiran pusat perakitan tersebut juga sebagai komitmen pabrikan asal Vietnam untuk memperluas kehadirannya dan mendukung industri electric vehicle yang tengah berkembang di Indonesia.

Tidak hanya itu, kehadiran pabrik mobil listrik VinFast ini juga sebagai upaya mereka menuju pasar elektrifikasi yang menjanjikan di Asia Tenggara.

Fasilitas yang berlokasi di kawasan industri di Subang, Jawa Barat, dibangun dengan  investasi awal sekitar USD 200 juta. Pusat pertakitan ini akan beroperasi dengan kapasitas produksi tahunan sebanyak 50.000 unit kendaraan dan mencakup beberapa area produksi utama seperti Body Shop, General Assembly Shop, Paint Shop dan area pengujian, dan lain-lain.

Terkait model yang nantinya akan diproduksi oleh pabrik mobil listrik VinFast tersebut, pada kuartal keempat tahun 2025 mereka akan memproduksi model e-SUV versi setir kanan termasuk beberapa produk termasuk seri VF 3, VF 5, VF 6, dan VF 7 untuk pasar Indonesia.

“Pemerintah Indonesia sangat mendorong investasi asing masuk ke negara kita, khususnya di sektor industri otomotif. Kami percaya bahwa kehadiran perusahaan ini akan membawa inovasi teknologi dan transfer pengetahuan yang sangat dibutuhkan untuk meningkatkan daya saing industri otomotif nasional,” jelas Jenderal TNI (Purn.) Dr. Moeldoko, Kepala Staf Kepresidenan Republik Indonesia, dalam sambutannya.

Sementara itu, Temmy Wiradjaja, CEO VinFast Indonesia, menyatakan kehadiran pabrik mobil listrik VinFast sebagai langkah ekspansi mereka di pasar Asia Tenggara.

“Proyek ini menunjukkan komitmen jangka panjang VinFast kepada Indonesia, mendongkrak sektor kendaraan listrik, mendukung pertumbuhan ekonomi, dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat Indonesia,” tegasnya.

Sejalan dengan upaya memperkuat kemampuan produksi globalnya, VinFast dengan cepat membangun eksistensi bisnis yang kuat dan meningkatkan pengenalan merek di Indonesia.

Produsen kendaraan listrik asal Vietnam ini telah meluncurkan dua model SUV listrik kemudi kanan, VF 5 dan VF e34, membuka toko dealer, serta menerapkan kebijakan penjualan yang fleksibel termasuk pelopor program berlangganan baterai.

Dengan visi jangka panjang, VinFast terus berinovasi dan berupaya untuk menjadi pionir industri teknologi tinggi di Asia Tenggara dengan pengaruh global.

Terlepas dari tantangan jangka pendek yang dihadapi industri kendaraan listrik, VinFast tetap bertekad memperluas jangkauannya di Asia Tenggara serta meletakkan pondasi bagi pertumbuhan transportasi listrik, VinFast tetap bertekad memperluas jangkauannya di Asia Tenggara serta meletakkan pondasi bagi pertumbuhan transportasi listrik yang tidak dapat diubah. (*)

LEAVE A REPLY