Teknologi Smart Hybrid Suzuki Semakin Diminati Konsumen Indonesia

0
Smart hybrid suzuki

ROCKOMOTIF, Tangerang – Era elektrifikasi di Indonesia mulai menunjukkan pertumbuhan peminat, dan tidak hanya didominasi oleh kendaraan listrik murni (BEV) tapi juga melalui produk hybrid. Termasuk produk kendaraan hybrid yang diproduksi oleh Suzuki di Indonesia.

PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) sudah memasarkan mobil berteknologi hybrid melalui model Ertiga Hybrid, XL7 Hybrid dan juga Grand Vitara Hybrid. Adapun teknologi hybrid milik pabrikan berlambang “S” ini adalah Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS).

Baca juga: Mobil Suzuki Ini yang Paling Banyak Dicoba di GIIAS 2024, Apa Kelebihannya?

Teknologi SHVS ini merupakan sistem hibrida ringan yang menggabungkan mesin bensin konvensional dengan motor listrik (Integrated Starter Generator/ISG) dan baterai lithium-ion. Kombinasi ini memungkinkan kendaraan untuk beroperasi secara lebih efisien dalam berbagai kondisi.

Teknologi Suzuki Smart Hybrid resmi diperkenalkan
Teknologi Suzuki Smart Hybrid resmi diperkenalkan

Bagaimana Cara Kerja SHVS?

Ada tiga metode cara kerja dalam teknologi SHVS, pertama saat kendaraan berhenti maka mesin akan mati untuk menghemat bahan bakar. Namun sistem kelistrikan masih akan menyala sehingga fitur seperti AC dan radio tetap berfungsi normal.

Kedua adalah regenerative braking, di mana setiap pengemudi melakukan pengereman maka akan menyimpan energi kinetik ke dalam baterai yang kemudian digunakan untuk membantu menggerakkan motor listrik saat akselerasi.

Baca juga: SUV Konsep Suzuki eVX Siap Produksi Tahun Depan

Nah yang ketiga ini adalah menjadi fitur yang terasa instan saat berakselerasi karena motor listrik akan membantu memberikan dorongan tenaga ekstra sehingga akselerasi jadi lebih responsif.

promo suzuki di giias 2024

Keunggulan SHVS Dibandingkan Teknologi Hibrida Lainnya

Adapun keunggulan dari teknolosi SHVS ini adalah harganya yang terjangkau dibandingkan sistem hybrid lain. Kemudian perawatan juga lebih mudah dan tidak memerlukan perawatan khusus serta teknologi ini juga kompatibel dengan mesin bensin yang sudah beredar selama ini.

Meskipun tergolong sistem hybrid ringan, namun teknologi SHVS ini bisa membuat konsumsi bahan bakar menjadi lebih irit dibandingkan mesin konvensional. Jika Anda tertarik dengan teknologi smart hybrid Suzuki ini jangan lupa sambangi booth Suzuki di GIIAS 2024 sampai tanggal 28 Juli 2024!

LEAVE A REPLY