Toyota Gazoo Racing Indonesia Dihantam Malapetaka di Sesi Pembuka

0
Toyota Gazoo Racing Indonesia dihantam petaka di etape pertama AXCR 2024
Toyota Gazoo Racing Indonesia dihantam petaka di etape pertama AXCR 2024 (Foto: TGRI/Agung Lawerissa)

ROCKOMOTIF, Jakarta – Jalannya spesial stage pertama Asia Cross Country Rally (AXCR) 2024 yang berlangsung di Surat Thani, Thailand, Senin (12/08/2024), menjadi antiklimaks lantaran salah satu pereli Toyota Gazoo Racing Indonesia, Tubagus Moerinsyahdi atau TB Adhi, mengalami malapetaka.

Mobil rally Toyota Fortuner GR Sport dengan nomor 102 yang ia kemudikan terpaksa harus terhenti karena mengalami insiden saat menjalani special stage pertama. Dari informasi yang kami dapatkan, SUV berkelir hitam ini dikatakan menabrak sejenis batu atau gundukan sehingga membuat performa mobil menjadi tidak maksimal.

“Mobilnya menghantam batu atau gundukan di lintasan. Dan yang pasti itu keras banget hantamannya sampai membuat sambungan ke ATF patah dan mengalami kebocoran oli,” jelas Fachri Ilham, Team Manager Toyota Gazoo Racing Indonesia.

Melihat kondisi yang cukup parah tersebut, tim mekanik akhirnya bergerak cepat untuk menyelesaikan permasalahan.

“Sudah coba diperbaiki, cuma gearboxnya sudah keburu rusak karena kehabisan oli yang bocor tadi,” tambahnya.

Dengan kondisi tersebut, TB Adhi, terpaksa harus menepikan mobil rally yang dikemudikan dan menyaksikan kompetitornya berlaga dari pinggir lintasan. Ini menjadi drama pertama yang dirasakan oleh pereli asal Indonesia tersebut karena ia baru melintasi jarak kurang lebih 28 kilometer.

Sementara itu, terkait dua pereli lainnya yakni Takuma Aoki dan Ikuo Hanawa, keduanya berhasil menuntaskan special stage pertama dengan hasil cukup bagus. Dikatakan oleh Fachri, Aoki juga sempat mengalami insiden overshoot namun beruntung dia bisa kembali ke lintasan dan melanjutkan kompetisi hingga etape pertama selesai.

Berdasarkan hasil yang diraih setelah special stage pertama, Toyota Gazoo Racing Indonesia berada di urutan keempat dengan driver Ikou Hanawa yang mencatatkan waktu 1:29:38 sedangkan Takuma Aoki berada di posisi 15 dengan perolehan waktu 1:42:00. (*)

LEAVE A REPLY