Dua Tahun Wuling Air ev, Ini Sederet Pencapaian Mobil Listrik Terlaris di Indonesia

0
Mobil Wuling Air EV jadi pusat perhatian di GIIAS 2022
Mobil Wuling Air EV jadi pusat perhatian di GIIAS 2022

ROCKOMOTIF, JakartaWuling Air ev, mobil listrik mungil yang telah mencuri perhatian masyarakat Indonesia, baru saja merayakan ulang tahun keduanya di Indonesia. Sejak diluncurkan pada 2022 lalu, Air ev telah berhasil membuktikan dirinya sebagai pionir dalam pasar mobil listrik di Indonesia.

Wuling Air ev pertama kali debut di Indonesia pada ajang GIIAS 2022 dan mulai dijual di pasar Indonesia pada Agustus 2022. Wuling Air ev menggunakan platform Global Small Electric Vehicle (GSEV) dan dibekali dengan baterai Lithium Ferro-phosphate IP67 certified.

Dengan desain yang unik dan futuristik, Air ev tidak hanya menarik minat para penggemar mobil listrik, tetapi juga berhasil memikat konsumen yang mencari kendaraan praktis dan ramah lingkungan untuk mobilitas sehari-hari. Dalam kurun waktu dua tahun, Air ev telah terjual lebih dari 15.000 unit, menjadikan mobil listrik ini sebagai pemimpin pasar di kelasnya.

Baca juga: Modifikasi Wuling Air ev Tampil di GIIAS 2024

pilihan ev compact giias 2024

Lebih tepatnya, Wuling Air ev ini sejak Agustus 2022 sampai Agustus 2024 sudah beredar di jalanan Indonesia sebanyak 15.285 unit. Dengan pencapaian penjualan wholesales di tiap tahunnya yang sangat baik.

Di awal tahun kehadirannya, Air ev sudah mengirimkan 8.053 unit ke dealer, kemudian di 2023 angka wholesales Air ev ini mencapai 5.575 unit. Sementara untuk Januari sampai Agustus 2024, Wuling mengirimkan 1.657 unit ke dealer dengan gempuran mobil listrik yang semakin banyak di Indonesia.

Larisnya penjualan Air ev ini salah satunya karena faktor harga yang terjangkau. Dengan adanya penetapan insentif PPN pembelian mobil listrik ini membuat harga Wuling Air ev lebih hemat sekitar Rp 21 jutaan untuk varian Standard Range menjadi Rp 224 jutaan, sementara varian Long Range bisa hemat sampai Rp 26 jutaan atau harganya Rp 275 jutaan. Ditambah lagi dengan hadirnya Wuling Air ev Lite yang menjadi varian paling murah dengan harga Rp 190 jutaan.

Dukungan Pemerintah dan Masyarakat

Keberhasilan Air ev juga tidak lepas dari dukungan pemerintah yang gencar mendorong pengembangan kendaraan listrik di Indonesia. Air ev bahkan dipercaya menjadi kendaraan resmi pada sejumlah acara internasional bergengsi, seperti KTT G20, KTT ASEAN, KTT AIS dan di tahun ini World Water Forum.

Kesuksesan Air ev tidak hanya tercermin dari angka penjualan yang tinggi. Mobil listrik ini juga telah meraih total 15 penghargaan bergengsi, seperti Katadata Green Initiative Award, Carvaganza Editor’s Choice Award, dan masih banyak lagi. Termasuk juga yang terbaru di tahun ini yakni penghargaan dari Jawapos dan Autofun.

Baca juga: Wuling Gebrak GIIAS 2023 Rilis Air ev Versi Lite, Cuma Rp 180 Jutaan

Modif Wuling air ev btx concept imx 2023

Penghargaan-penghargaan ini membuktikan bahwa Air ev tidak hanya unggul dalam hal desain dan teknologi, tetapi juga dalam hal efisiensi dan ramah lingkungan.

Kemudahan Wuling Air ev

Wuling Air ev menggunakan baterai lithium ferro-phosphate (LFP) berkapasitas 17,3 kWh untuk tipe Standard Range dan Lite dengan jarak tempuh hingga 200 kilometer dan 26,7 kWh untuk tipe Long Range dapat mencakup jarak tempuh hingga 300 kilometer saat terisi penuh. Mobil listrik ini bisa diisi ulang baterainya hanya dengan menggunakan listrik rumah.

Sebagai mobil listrik berukuran kompak, Wuling Air ev juga menawarkan biaya perawatan yang sangat ekonomis dan cara penggunaannya juga sangat mudah.

“Kendaraan listrik Wuling buatan Indonesia ini mengusung kemudahan dari sisi berkendara, penggunaan sehari-hari dan pengisian daya yang bisa dilakukan di rumah. Selain itu, kedua varian Air ev dilengkapi inovasi canggih, perangkat keselamatan lengkap hingga deretan fitur modern,” terang Danang Wiratmoko selaku Product Planning Wuling Motors.

Baca juga: 11 Ribu Unit Lebih Wuling Air ev Sudah Wara-Wiri di Jalanan Indonesia

Biaya perawatan Wuling Air ev jika dibandingkan dengan mobil konvensional baik yang berbahan bakar bensin atau diesel, jauh lebih murah. Sampai pemakaian 100 ribu kilometer, konsumen hanya mengeluarkan biaya perawatan sekitar Rp 3,9 jutaan saja.

Tak kalah penting, Wuling juga telah diperkuat dengan 150 jaringan diler yang tersebar di seluruh Indonesia.

Pencapaian penjualan Wuling Air Ev sebagai mobil listrik terlaris di Indonesia
Interior mobil listrik Wuling Air Ev sebagai daya pikat kepada konsumen

Dilengkapi fitur canggih

Konsumen Wuling Air ev juga dimanjakan dengan berbagai fitur canggih, mulai dari Electric Power Window, Multifunction Steering Wheel, hingga USB Charging Port.

Untuk varian Long Range, Wuling menyematkan beberapa tambahan fitur seperti Integrated Floating Widescreen dengan layar meter cluster 10,25 inci dan layar head unit dengan ukuran yang sama, Keyless Entry, Synthetic Leather Seat, Smart Start System, serta Extended Horizon LED DRL.

Tak hanya itu, Wuling juga menyertakan kecanggihan inovasi pintar Internet of Vehicle (IoV) dan Wuling Indonesian Command (WIND) pada Air ev ini.

Baca juga: Konsumen Air Ev Diajak Berkompetisi Berbagi Cerita tentang Mobil Listrik Wuling

layar hiburan di wuling air ev

Urusan fitur safety juga lengkap di Wuling Air ev. Mulai dari dua buah airbag yang melindungi pengemudi dan penumpang baris pertama serta rangka yang kokoh.

Kemudian, sistem pengereman didukung dengan rem cakram pada roda depan dan belakang, lengkap dengan fitur ABS, EBD, TPMS, Sound Module for pedestrian Warning serta ISOFIX.

Khusus Wuling Air ev Long Range turut ditambahkan dengan Electronic Stability Control (ESC) dan Electric Parking Brake dengan AVH (Auto Vehicle Hold) serta HHC (Hill Hold Control) yang menjamin keamanan serta kenyamanan saat berkendara.

LEAVE A REPLY