Review Nissan Terra VL 4×4 Begitu Impresif dengan Tampilan Agresif

0
Review Nissan Terra VL 4x4 sangat impresif

ROCKOMOTIF, Jakarta – Selama beberapa hari melakukan review Nissan Terra VL 4×4, tim ROCKOMOTIF betul-betul merasakan kenyamanan yang ditawarkan oleh model ini. Dengan ukuran panjang 4.900 mm, lebar 1.865 mm dan tinggi 1.865 mm, tidak membuat mobil ini sulit untuk dikendalikan. Bagaimana kesan kami terhadap SUV bongsor yang satu ini? Berikut ulasannya!

Perihal desain, tentu ini akan sangat subyektif untuk menilai karya yang dihasilkan oleh tim desainer. Namun, untuk memberikan pemikat kepada konsumen, karakter yang agresif terlihat sangat jelas dari bagian depannya yang begitu antagonis. Tambahan aksen chrome dan kelir silver turut memberikan tampilan yang kian menarik ditambah adanya guard di bagian front bumper sehingga menyiratkan model ini siap diajak untuk berpetualang.

Di interiornya, meski terlahir sebagai SUV berukuran besar yang dapat menampung tujuh hingga delapan orang, namun review Nissan Terra VL 4×4 ini sangat memberikan kesan yang begitu positif. Kenyamanan di interior ini sangat diperhatikan karena leg room dan head room begitu diperhatikan sehingga dapat dirasakan oleh mereka yang berada di baris pertama, kedua bahkan sampai baris ketiga.

Sentuhan sporty begitu melekat lewat permainan warna di dalamnya. Di samping itu, aksen modern juga menjadi salah satu hal yang menarik untuk dinikmati selama mengemudikan SUV tersebut. Suguhan informasi sangat akomodatif baik dari layar yang ada di balik lingkar kemudi, serta dari layar tengah yang menjadi pusat informasi dan entertainment selama perjalanan.

Saat penulis melakukan review Nissan Terra VL 4×4 ini, posisi duduk begitu ergonomis dan dapat menopang paha dengan sangat baik. Sudut pandang pengemudi pun sangat baik, baik ke depan, belakang hingga di kedua sisinya. Dengan begitu untuk mengendalikan mobil ini menjadi lebih percaya diri di setiap medan dan kondisi jalan yang dilewati.

Bicara kemampuannya, mesin turbodiesel berkapasitas 2.5 liter yang mampu menghasilkan tenaga 190 PS dan torsi puncak 450 Nm, benar-benar bisa diandalkan sejak putaran bawah. Muntahan tenaga yang dihasilkan mampu membuat kesenangan berkendara begitu membuncah. Terlebih model ini dibekali dengan teknologi Shift-on-the-fly yang dibekali dengan tiga mode penggerak, yakni 2WD, 4H dan 4Lo.

Melalui dukungan tersebut, pengemudi dapat memilih mode 2WD atau 4WD dengan mudah dan sesuai dengan kebutuhan berkendara. Selama melakukan review Nissan Terra VL 4×4, saya memang tidak melintasi medan yang offroad, sehingga terkait keunggulant tersebut belum bisa dirasakan dengan maksimal. Namun, berdasarkan medan yang saya lintasi mode penggeram 2WD sangat mengakomodasi selama perjalanan.

Hal lain yang sangat menarik perhatian selama mengendarai SUV yang dibanderol dengan harga Rp764,9 juta ini kenyamanan dari bantingan suspensi, baik di sektor depan maupun sektor belakang. Ayunan serta karakter yang dihasilkan dari komponen ini begitu nyaman dan sangat dewasa sehingga ketika dihadapkan dengan kondisi jalan yang tidak merata, pengemudi dan penumpang tetap merasa sangat nyaman.

Berdasarkan spesifikasi resminya, hal tersebut lantaran didukung melalui penggunaan Independent Double Wishbone Type with Stabilizer di bagian depan, dan Multi-link (5 link Rigid) with Stabilizer di bagian belakang. Dengan dukungan tersebut, turut membuat review Nissan Terra VL 4×4 ini melebihi ekspektasi. Selain itu, velg berukuran 18 inci yang dibalut dengan ban berukuran 255/60 juga memberikan grip maksimal.

Adapun terkait fitur keamanan yang disematkan, model ini hadir dengan teknologi Nissan Intelligent Mobility yang dapat menjaga pengemudi dan penumpang tetap merasa aman. Beberapa teknologi keselamatan tersebut meliputi Intelligent Forward Collision Warning and Intelligent Emergency Braking (IFCW & IEB), Hill Start Assist (HSA), Intelligent Around View Monitor with Off-Road Monitor (IAVM), Intelligent Rear View Monitor (IRVM), Hill Descent Control (HDC), Cruise Control (CC), Rear Cross Traffic Alert (RCTA), Blind Spot Warning (BSW), Intelligent Driver Attention Alert (IDAA), Lane Departure Warning (LDW), dan Tire Pressure Monitoring System (TPMS).

Kendati secara keseluruhan review Nissan Terra VL 4×4 ini sangat positif, tetapi ada beberapa catatan yang menjadi kekurangan. Hal pertama adalah lingkar kemudi yang cukup berat bila dibandingkan dengan rival di kelasnya, kemudian ruang bagasi di balik kursi baris ketiga yang sangat minim, serta suara sensor yang terlalu berisik yang menurut penulis cukup mengganggu. (*)

LEAVE A REPLY