Biaya Servis Wuling Cuma Rp 100 Ribu Per Bulan, Kok Bisa?

0
biaya servis wuling
Diler Wuling sudah tersebar di Indonesia

ROCKOMOTIF, Serpong – Ternyata punya mobil Wuling itu banyak untungnya, selain harganya murah dibanding mobil Jepang, tapi biaya perawatannya juga tidak bikin pusing. Memang keberadaan Wuling di Indonesia masih seumur jagung, tapi catatan positif selalu menyertai mobil China ini.

Bisa dilihat dari penjualan Wuling yang mencapai 13.170 unit dari Agustus 2017 hingga Juni 2018, dengan hanya mengandalkan dua model MPV, Confero dan Cortez. Tentu ini bukan hal yang mudah karena konsumen Indonesia sekarang ini sudah lebih pintar dalam memilih mobil baru.

Jurus utama pabrikan asal China ini, tentu saja harga jual yang murah, namun tidak murahan. Selain itu, biaya servis untuk mobil keluarga ini ternyata murah banget. Padahal suku cadang yang digunakan oleh Wuling banyak dari merek Eropa, Amerika, dan Jepang lho.

Baca juga: Booth Wuling di GIIAS 2018 Bikin SPG Terbebas Dari Godaan Pengunjung

Untuk layanan aftersales, Wuling memberikan garansi umum selama tiga tahun, dan garansi mesin dan transmisi selama 5 tahun. Selain itu, Wuling juga memberikan garansi satu tahun untuk suku cadang bebas biaya jasa perawatan berkala selama 2,5 tahun atau setara 50 ribu kilometer.

“Beberapa spare part memang kita impor dari China (kantor pusat). Jadi, secara struktur biaya dapat harga yang kompetitif, karena penjualan Wuling di sana banyak,” jelas Taufik S Arief, After Sales Director Wuling Motors.

Cuma Rp 100 Ribu Per Bulan

Dilihat dari tabel biaya servis, total biaya perawatan berkala untuk Wuling Confero S dari kondisi baru sampai jangka waktu 100 ribu kilometer atau lima tahun, sebesar Rp 6,7 juta. Jika dihitung rata-rata biaya per tahun Rp 1,3 juta, dan per bulan Rp 100 ribuan.

Sedangkan untuk Cortez 1.8, total biaya perawatan berkala Rp 6,8 juta. Dengan rata-rata biaya per tahun Rp 1,3 juta, dan rata-rata biaya per bulan Rp 114 ribu.

Sementara itu, untuk Cortez 1.5, total biaya perawatan berkala Rp 6 jutaan. Dengan rata-rata biaya per tahun Rp 1,2 juta, dan rata-rata biaya per bulan Rp 100 ribuan juga.

Sebagai informasi, Wuling saat ini memiliki 45 supplier lokal dan 15 di antaranya berada di supplier park. Untuk penyedia suku cadang Wuling juga dari berbagai negara, mulai dari Jepang, Jerman, Amerika Serikat, hingga Swedia.

LEAVE A REPLY