Bandung Jadi Kota Dengan Keselamatan Jalan Paling Baik di Indonesia

0
irsa 2018
WAKIL Wali Kota Bandung, Yana Mulyana menerima penghargaan IRSA 2018 dari Meneteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi pada acara penyerahan Penghargaan IRSA 2018
Suzuki Carry giicomvec

ROCKOMOTIF, Jakarta – Tinggginya angka keselamatan jalan di Indonesia memang masih cukup rendah. Karena menurut data dari Korlantas Polri, sepanjang tahun 2017 masih ada 98.414 kasus kecelakaan lalu lintas.

Meskipun angka ini sudah turun sebanyak 7 persen dari tahun 2016 yang mencapai 105.374 kasus, namun korban meninggal dunia masih sebanyak 24.213 jiwa. Setiap tahun memang selalu mengalami penurunan, tapi masih tetap tinggi dan jauh dari angan-angan untuk zero accident.

Untuk itu Adira Insurance bersama dengan pemerintah kota dan kabupaten di Indonesia terus menggelar ajang Indonesia Road Safety Award (IRSA). Tahun ini, adalah kota Bandung yang berhasil menyabet enam penghargaan sehingga mengantarkan menjadi Pemenang Utama IRSA 2018.

Baca juga: Ini Kota Dengan Tata Kelola Keselamatan Terbaik di Indonesia

Penghargaan diserahkan oleh Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi kepada Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana pada acara penyerahan Penghargaan IRSA 2018 di Hotel JW Marriott Kuningan Jakarta, Kamis (13/12/2018).

Kota Bandung dinilai berhasil menerapkan tata kelola keselamatan jalan sehingga layak mendapat penghargaan. Kota Bandung sendiri berhasil menjadi pemenang utama untuk kategori Kota dengan Tingkat Kepadatan Penduduk Tinggi.

Dari lima pilar yang dilombakan pada IRSA 2018, Kota Bandung meraih penghargaan di dua pilar. Yaitu pilar Jalan yang Berkeselamatan serta pilar Penanganan Pra dan Paska Kecelakaan.

Baca juga: Angka Kecelakaan Di Jalan Menurun, Adira Tetap Berkontribusi Positif

Kota Bandung juga menerima dua penghargaan khusus, yaitu penghargaan sebagai Kota Dengan Program Inovasi Terbaik Dalam Upaya Meningkatkan Tata Kelola Keselamatan Jalan dan penghargaan untuk Kota Terbaik pada Program Edukasi Keselamatan Jalan.

Sementara itu untuk pemenang kota dengan tingkat kepadatan penduduk rendah berhasil dimenangkan oleh kota Samarinda. Sementara kota Surabaya berhasil meraih penghargaan sebagai The Most Inspiring City in Road Safety.

LEAVE A REPLY