Melesat Bersama Xpander Mengawal Presiden Jokowi di Tol Trans Jawa

0
tol trans jawa
Mitsubishi Xpander mengawal perjalanan Presiden Jokowi saat membuka jalur tol Trans Jawa

ROCKOMOTIF, Semarang – Presiden Joko Widodo (Jokowi) baru saja meresmikan jalan tol Trans Jawa pada Kamis, (20/12). Dalam peresmian ini, Presiden Jokowi menggunakan bis bersama rombongannya untuk sekaligus menguji jalan tol yang menyambungkan Merak sampai Pasuruan ini.

Nah, dalam rombongan ini juga ada rombongan perwakilan Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo). Termasuk rombongan dari PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI).

MMKSI menyediakan tiga unit Mitsubishi Xpander ditambah dua unit Pajero Sport untuk mengawal rombongan Presiden Jokowi dalam menjajal tol Trans Jawa. Rombongan MMKSI berangkat bareng rombongan Ekspedisi Tol Trans Jawa dari Surabaya, tepatnya dari Proyek Lagoon PT PP.

“Kami bersama Gaikindo diberikan kesempatan untuk mencoba Tol Trans Jawa yang diadakan bersama Rombongan Presiden RI dengan 5 unit kendaraan Mitsubishi XPANDER dan Pajero Sport sekaligus menjajal rute mulai dari surabaya dan berakhir di Jembatan Kalikuto, Kendal (Jawa Tengah),” ujar Jerry Amran – Head of Media Relations Section PT MMKSI.

Baca juga: Jakarta Surabaya Bisa Ditempuh Lewat Jalan Tol Trans Jawa

Jerry menambahkan bahwa pihak MMKSI juga menyambut baik upaya pemerintah dalam upaya mendoromg ekomoni dan industri dalam Tol Trans Jawa ini yang akan terhubung mulai dari Merak hingga Surabaya.

Rockomotif menggunakan Xpander varian Exceed bertransmisi otomatis pada jam 08.00 WIB, tujuan pertama adalah Simpang Susun Bandar yang berada di KM 671+700 Tol Jombang Mojokerto. Arah yang dituju adalah tol Waru arah Sidoarjo Mojokerto.

Ini adalah titik pertemuan pertama di mana Presiden Jokowi meresmikan tol area Jawa Timur di Simpang Susun Bandar. Tepatnya di Jembatan Konto, Jombang.

Kondisi tol Jombang Mojokerto yang baru dibuka ini bisa dikatakan cukup mulus, tidak banyak jalan yang bergelombang. Rambu-rambu pun sudah tersedia meski masih minim penerangan jalan.

Di sini Mitsubishi Xpander pun dapat dipacu dengan kecepatan di atas 100 km/jam, bahkan kami sempat memacu hingga 140 km/jam. Memang saat kemarin baru rombongan kami saja yang diperbolehkan melintas di jalan ini. Sehingga mobil pun dapat melesat kencang mengikuti arahan Patwal di depan.

Baca juga: Mitsubishi Sebut Avanza Hanya Facelift, Bukan Lawan Sepadan Xpander

Selesai peresmian di area Jawa Timur, Presiden Jokowi pun melanjutkan perjalanan menuju Semarang. Ruas tol yang dijajal adalah Kertosono- Wilangan- Solo hingga Semarang.

Dengan dua kali perhentian di rest area, salah satunya KM 597 B. Kendaraan pun dapat mengisi ulang bahan bakar, karena Pertamina sudah menyiapkan Satgas BBM berupa layanan pompa bergerak. Di sini tersedia bahan bakar Pertamax serta di beberapa tempat tersedia PertaDex.

Perjalanan dilanjutkan dengan menempuh ruas tol Semarang Solo melalui ruas tol baru Salatiga Kertosono. Jalan tol ini masih menyisakan debu yang cukup banyak, jadi pengendara diharap waspada.

Jalan tol ini juga memiliki kontur yang mirip dengan tol Cipali. Jalan lurus panjang yang dapat membuat bosan dan mengantuk. Jadi diperhatikan lagi kesiapan fisik Anda dan juga kendaraannya. Karena rest area di sini juga sangat terbatas dan sebenarnya belum layak beroperasi. Hanya saja saat momen liburan akhir tahun ini sudah dipaksakan untuk melayani pengguna jalan tol.

Memasuki ruas tol Solo Semarang terutama di wilayah Ungaran, kontur jalan di sini banyak tanjakan dan turunan. Anda diharapkan dapat menjaga kecepatan serta teknik berkendara yang tepat.

tol trans jawa
Ruas jalan tol Trans Jawa sudah diresmikan oleh Presiden Jokowi
Baca juga: Banyak Jalan Tol Baru Pertamina Tambah Stok BBM Di Jawa Tengah

Dari Ungaran, mulai hari ini Anda bisa menempuh jalur tol baru Pemalang-Batang-Semarang. Kondisi jalan di ruas tol ini masih benar-benar baru dibuka sehingga masih tertutup debu dan kerikil.

Kontur di jalan tol Pemalang Batang ini juga mirip dengan jalur yang sebelumnya, yaitu jalan lurus panjang. Xpander di sini bisa kami bejek hingga 160 km/jam. Tapi ini dalam kondisi jalan ditutup ya, jadi hanya rombongan kami saja yang melintas.

Dan banyak juga petugas Kepolisian serta TNI yang berjaga di setiap persimpangan. Sehingga kondisinya memang benar-benar aman. Pastikan Anda saat melintasi jalur ini nanti tetap mematuhi rambu-rambu batas kecepatan.

Setelah menempuh kurang lebih 300 km dari Surabaya, rombongan tiba di titik terakhir peresmian tol Trans Jawa yakni jembatan Kali Kuto, Kendal, Jawa Tengah. Sekitar jam 15.00 WIB kami tiba di jembatan ini yang menjadi saksi sudah tersambungnya tol Trans Jawa terutama di wilayah Jawa Tengah.

Bersama Mitsubishi Xpander, pengalaman menembus tol Trans Jawa dari Surabaya hingga Kendal ini cukup berkesan. Xpander memiliki kenyamanan yang mumpuni dengan dapat melibas jalan bergelombang dengan baik.

Meski dalam kecepatan tinggi, tidak ada guncangan yang mengganggu stabilitas mobil MPV Mitsubishi ini. Ditambah kesenyapan di dalam kabin yang membuat seluruh penumpang juga tetap nyaman meski mobil melesat di atas 100 km/jam terus menerus.

Untuk konsumsi bahan bakar, Mitsubishi Xpander ini rata-rata mencapai 11 km/liter. Dengan kondisi pemakaian yang agresif, hasil ini pun masih dalam batas toleransi. Yang pasti perjalanan menggunakan jalan tol Trans Jawa ini dapat memangkas waktu tempuh cukup banyak.

LEAVE A REPLY