Bridgestone Lebih Tertarik Jualan Ban Mobil Ketimbang Motor

0
ban bridgestone
ROCKOMOTIF, Jakarta – PT Bridgestone Tire Indonesia (BTI) selama berada di Indonesia, hanya fokus memproduksi dan menjual ban untuk mobil. Bahkan, tahun lalu, tanpa menyebutkan data penjualan mengklaim bertahan sebagai pemimpin pasar. Khususnya pemasok ban original manufacturer equipment (OEM) ban untuk beberapa merek mobil di segmen pribadi ataupun komersial.
Meski secara pasar mobil baru hanya sekitar 1 jutaan unit per tahun, tidak menyurutkan merek ban asal Jepang itu untuk terus berusaha dan bersaing. Bahkan tidak tertarik untuk melakukan ekspansi merambah ke ban untuk sepeda motor.
“Pasarnya memang besar, tetapi pemain di kelas itu juga cukup banyak dan kami kalau bersaing harus dimulai dari bawah lagi,” tutur President Director BTI Akihito Ishiidi Jakarta, Selasa (9/4/2019).
Pernyataan serupa juga diungkapkan oleh Marketing Director PT Bridgestone Tire Indonesia Yuichi Asaoka. Menurut dia, untuk ban motor merek Batlax selama ini hanya membantu mengimpor untuk ban OEM Harley-Davidson dan BMW Motorrad.
Baca juga: Bridgestone Bakal Bawa Ban Mobil Premium Tahun Ini

“Kami tidak tertarik untuk memproduksi dan menjual ban motor seperti yang kami lakukan dengan ban mobil. Cukup menjadi pengimpor untuk ban OEM saja kepada dua merek itu dari Jepang,” ungkap Asaoka.

Dia juga mengungkapkan secara pasar memang lebih besar motor, yaitu mencapai 6,5 juta unit per tahun, sedangkan mobil hnya 1,1 juta unit per tahunnya. Tetapi, secara posisi, Bridgestone sudah cukup tinggi di pasar otomotif Indonesia.

“Kapasitas di dua pabrik kami pun sudah 100 persen penuh, sehingga tidak akan melakukan ekspansi lagi, apalagi memproduksi ban motor,” kata dia.

LEAVE A REPLY