Kehadiran AMMDes Banyak Mendapat Apresiasi

0
ammdes
Kendaraan AMMDes dapat digunakan untuk berbagai kondisi dan medan jalan

ROCKOMOTIF, Jakarta – Setelah diresmikan oleh Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto (15/4), AMMDes banyak menuai apresiasi dari beberapa pihak. Seperti dalam kegiatan The 2nd AMMDes Summit and Exhibition yang diselenggarakan beberapa waktu lalu. Beberapa dinas pemerintahan menyambut baik hadirnya kendaraan tersebut yang tentunya memiliki banyak manfaat di dalamnya.

Salah satu apresiasi tersebut disampaikan oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana yang diwakilkan oleh Fitri Suciani. Beliau mengatakan bahwa dengan AMMDes dengan fasilitas penjernih air dapat dimanfaatkan bagi para penyintas gempa untuk tetap berhak mendapatkan air bersih dalam kondisi tersebut.

“AMMDes tersebut memang sangat dibutuhkan sekali, khususnya di lokasi-lokasi yang air bersihnya sangat terbatas seperti waktu itu di Palu, Sigi dan Donggala. Apalagi, air bersih sangat vital untuk menunjang segala aktivitas masyarakat,” ujar Suci.

Oleh karena itu, ia pun berharap bahwa ada kerja sama antara Kemenperin dan BNPB dalam hal pengembangan AMMDes tersebut.

Baca juga: Berawal dari GIIAS, AMMDes Mulai Dipersiapkan untuk Pasar Ekspor

Bukan hanya untuk pelayanan tersebut, tetapi, salah satu moda AMMDes yang juga dinilai begitu memiliki banyak manfaat adalah AMMDes Ambulance Feeder. Moda tersebut sudah diuji coba oleh USAID yang merupakan lembaga bantuan pemerintah Amerika Serikat yang beroperasi di Indonesia.

“Kami di USAID sudah mengujicoba AMMDes aplikasi ambulance feeder untuk mengangkut ibu hamil, terutama di daerah bermedan offroad. Kita uji coba di Bojongmanik, di daerah Baduy Kabupaten Lebak yang banyak ibu hamilnya dengan kondisi ekonomi yang rendah dan akses ke Puskesmas sulit,” ungkap DR Harris, Regional Manager USAID Jalin Project Provinsi Banten.

AMMDes sendiri memiliki beberapa aplikasi di flat deck belakangnya, yakni bisa digunakan untuk berbagai bidang. Seperti alat perontok padi, penjernih air, pembuat es serpihan, pengolah kopi, pemoles beras, generator listrik, pascapanen pisang dan ambulance feeder.

LEAVE A REPLY