Alasan GIIAS 2019 Dipercepat ke Juli, Untuk Dongkrak Penjualan

0
membeli mobil baru

ROCKOMOTIF, Jakarta – Pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) yang sebelumnya selalu diadakan setiap Agustus, untuk tahun ini harus ada perubahan. Terkait beberapa faktor, seperti pemilihan umum serta beberapa faktor lainya, penyelenggara terpaksa memajukan penyelenggaraan menjadi Juli 2019.

Hal tersebut dipertegas oleh Yohannes Nangoi, Ketua Umum Gaikindo, saat acara buka bersama media (14/5) di Jakarta. Menurutnya, meskipun tanggal penyelenggaraan dimajukan, namun diprediksi akan mendongkrak penjualan kendaraan.

“Mengenai kemajuan tanggal biasanya kita memang (selenggarakan) di bulan Agustus, tapi kita percepat menjadi tanggal 18 – 28 Juli. Kurang lebih kita majunya setengah bulan dan saya rasa tidak berdampak banyak,” ungkap Yohannes.

Sebelumnya, Gaikindo memang sudah memprediksikan bahwa akan ada penurunan jumlah penjualan di kuartal pertama 2019. Akibat adanya pemilihan umum presiden dan wakil presiden. Namun, dengan penyelenggaraan yang maju di bulan Juli, Yohannes percaya dapat kembali meningkatkan penjualan kendaraan di Indonesia.

giias 2019
Jadwal pameran otomotif GIIAS 2019 akan maju ke bulan Juli
Baca juga: Berawal dari GIIAS, AMMDes Mulai Dipersiapkan untuk Pasar Ekspor

“Kita juga sudah prediksi awal tahun 2019 penjualan akan turun karena ada Pemilu/Pilpres dan ternyata analisa kita cukup benar penuruan 13 persen di kuartal pertama. Dari pengalaman kami, 40 – 43 persen penjualan itu di semester pertama sedangkan 53 sampai 60 persen di semester kedua. Jadi dengan adanya GIIAS di bulan Juli tentunya akan bagus untuk mendongkrak penjualan,” beber Yonannes.

Dalam penyelenggaraannya yang berlangsung di ICE BSD, Tangerang, akan diikuti oleh semua Agen Pemegeng Merk di Indonesia. Selain menyuguhkan model-model terbaru, pameran otomotif yang mengusung tema Future in Motion ini, juga akan menampilkan ragam mobil konsep dari masing-masing APM.

“Kendaraan-kendaraan tersebut adalah masa depan otomotif yang mesti kita antisipasi kehadirannya. Lewat GIIAS, Gaikindo ingin memberikan edukasi kepada masyarakat tentang berbagai inovasi dari industri otomotif. Sehingga Indonesia siap menyambut perubahan,” sambung Yohannes.

Sejauh ini pameran GIIAS 2019 ICE, BSD akan diikuti oleh 25 brand otomotif roda empat dan 11 brand otomotif roda dua. Jumlah tersebut akan terus bertambah karena masih banyak waktu sebelum Grand Opening pada tanggal 18 Juli 2019 nanti.

LEAVE A REPLY