Divonis Jump Start, Alvin Bahar Gagal Menempel Haridarma Manoppo

0
alvina bahar issom

ROCKOMOTIF, Bogor – Seri keenam Kejurnas Indonesia Touring Car Race (ITCR) Max (11/11), sempat dihebohkan dengan kabar Alvin Bahar yang melakukan jump start. Akibat vonis tersebut, Alvin Bahar harus menerima hukuman masuk pit terlebih dahulu untuk bisa kembali bertarung dengan rival terberatnya, dua pembalap Toyota Team Indonesia di atas lintasan.

Untuk mendapat klarifikasi langsung, Alvin Bahar, buka suara terkait hukuman tersebut. Menurutnya, arti jump start yang dimaksud seperti apa? Jika diartikan ‘nyelonong’ duluan sebelum lampu hijau padam, ia berdalih tidak melakukan jump start saat balapan akan dimulai.

“Jump start itu apa? Kemarin itu masuk jump start, tapi memang bukan nyelonong sebelum lampu hijau mati. Kemarin itu mobilnya bergerak sedikit saat lampu sudah menyala.

Ada sedikit pergerakan di mobil, setelah itu mobilnya berhenti dan baru start normal setelah lampu hijau padam,” buka Alvin, ketika dihubungi melalui sambungan telepon.

Baca juga: Haridarma Manoppo Bawa Toyota Team Indonesia Juara di Seri 6 ITCR Max

Ia juga menambahkan, berdasarkan dokumentasi yang dimiliki, saat melakukan start mobilnya bergerak bersamaan dengan mobil Haridarma. Tidak ada pergerakan mobil lebih cepat sebelum lampu hijau dipadamkan.

“Startnya normal, tapi memang saya salah masukin gigi saat lampu merah sudah menyala. Memang salah strategi. Karena kalau dilihat divideo, startnya bareng sama Haridarma. Kalau dianggap jump start artinya nyelonong start, saya enggak terima,” tambah Alvin.

Setelah menjalani hukuman masuk pit, Alvin Bahar tidak dapat mengejar ketertinggalan dari duo Toyota Team Indonesia. Haridarma Manoppo yang berada di posisi paling depan, tidak tersentuh oleh pembalap nomor satu Honda Racing Indonesia.

Pada akhir balapan, Alvin Bahar mengemas total waktu 22 menit 51,019 detik dan terpaut sekitar 26 detik dari Haridarma yang memimpin jalannya balapan. Dengan begitu, Alvin gagal naik podium di putaran keenam ini. Ia finish tepat di belakang puteranya, Avila Bahar yang meraih podium ketiga secara overall.

Secara hitungan poin, kini antar Alvin Bahar dan Haridarma Manoppo benar-benar imbang. Keduanya sama-sama mengoleksi 61 poin. Seri ketujuh yang akan berlangsung di BSD, Tangerang, akan menjadi laga penentu siapakah yang akan meraih gelar Juara Nasional ITCR 2019.

LEAVE A REPLY