Tips Melewati Genangan Air dari Julian Johan

0
mobil terobos banjir

ROCKOMOTIF, Jakarta – Musim hujan yang tiba kadang menyisakan beberapa wilayah menjadi terendam banjir. Untuk itu, pereli sekaligus offroader nasional, Julian Johan, memberikan beberapa tips saat melewati area banjir.

Meski tidak disarankan untuk melibas banjir, namun melihat situasi genting yang mengharuskan melibas banjir, tips berikut bisa dipraktekan.

Dalam keterangannya, Jeje (sapaan Julian Johan), menjabarkan beberapa hal seperti berikut:

1. Tentukan dulu jalur yang akan dilalui saat masuk dan keluar genangan, juga pastikan mobil jangan sampai berhenti saat melintas.

2. Ketinggian air yang aman dilewati, tidak melebihi dari ketinggian ban saat melintas. Atau setengah ban saat posisi mobil sedang tidak bergerak.

Baca juga: 6 Langkah Mengatasi Mobil Transmisi Matik yang Terendam Banjir

3. Gunakan gigi satu atau L saat melintas. Untuk transmisi manual, hindari pergantian gigi/menginjak kopling  saat melintasi banjir agar air tidak masuk ke dalam transmisi.

4. Jangan panik ketika knalpot mobil terendam air saat mobil keadaan hidup. Karena yang menjadi faktor mobil mati ketika air membasahi pengapian dan masuk ke dalam intake.

5. Jangan melaju di kondisi banjir dengan RPM tinggi, gunakan RPM rendah karena akan berakibat ombak air masuk ke dalamkap mesin.

6. Setelah berhasil melewati genangan, langsung melakukan pengetesan rem agar kembali pakem dengan cara menginjaknya berkali-kali sampai komponen tersebut kering dari air.

LEAVE A REPLY