Cara Merawat Mobil yang Sering Dipakai Setiap Hari

0
tips merawat mobil
Suzuki Carry giicomvec

ROCKOMOTIF, Jakarta – Tak sedikit masyarakat menggunakan mobil untuk melakukan aktivitas. Mulai pergi ke kantor, atau digunakan untuk berpergian kesuatu tempat dengan jarak tempuh puluhan, bahkan hingga ratusan kilometer.

Apabila mobil sering digunakan sehari-hari untuk melakukan aktivitas, tentunya harus selalu dalam kondisi prima. Jangan sampai mengabaikan, karena jika mengalami kerusakan akan direpotkan, karena bisa saja mobil menjadi mogok.

Jadi harus rajin melakukan perawatan dan pengecekan. Dalam mengecek kendaraannya sendiri, terlebih bagi pelanggan yang memang sangat sibuk sampai tidak sempat datang ke bengkel, tidak ada salahnya untuk selalu melakukan beberapa hal di bawah ini:

1. Periksa rutin ketinggian air radiator coolant di tangki cadangan. Kekurangan air radiator dapat menyebabkan mesin overheat. Bila kurang, tambahkan dengan air radiator coolant.

2. Periksa ketinggian oli mesin di antara batas minimum dan maksimum yang dapat terlihat pada stik cek oli, karena kekurangan oli dapat menyebabkan kerusakan mesin.

Baca juga: Doyan Mobil Klasik, Ini Tips Membeli Mobil Retro

3. Penggunaan air wiper saat menjalankan wiper sangat penting agar tidak merusak kaca. Pastikan air di tangki wiper juga dalam kondisi terisi penuh dengan melihat batas maksimal dari tangki air wiper.

4. Bagi kendaraan yang menggunakan power steering bertipe hidrolik, bisa melakukan pengecekan minyak power steering dengan melihat batas minimum dan maksimum yang ada pada tangki penampungan minyak power steering.

Sebelum mematikan mesin, pastikan juga roda depan tetap dalam keadaan lurus agar kinerja power steering tetap baik. Gunakan minyak power steering yang telah direkomendasikan.

“Dengan melakukan beberapa hal itu, bisa mengetahui kondisi mobil dan setidaknya tetap dalam kondisi yang aman dan normal,” ujar Bambang Supriyadi, Product Improvement Department Head PT Astra Daihatsu Motor (ADM).

LEAVE A REPLY