Masih Musim Hujan, Ini Tips Mengemudi yang Aman

0
berkendara saat hujan

ROCKOMOTIF, Jakarta – Musim hujan masih terjadi di sejumlah wilayah di Indonesia, termasuk Jabodetabek. Khusus untuk pengguna kendaraan pribadi, khususnya yang mengemudi mobil harus tetap waspada ketika berkendara dalam keadaan hujan.

Sebab, tidak sedikit kecelakaan di jalan raya disebabkan oleh pengemudi yang lalai mengemudi ketika kondisi sedang turun hujan.

Oleh sebab itu, para pengemudi menurut Sony Sumarna, Direktur Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) yang harus diperhatikan, yaitu jaga kecepatan mobil, dan selalu dalam konsentrasi tinggi.

Baca juga: Terpaksa Terobos Genangan Banjir, Ini Tips dan Triknya

“Jangan kencang-kencang karena gangguan ketika kondisi hujan lebih besar ketimbang tidak hujan. Pandangan pengemudi juga tidak maksimal,” tutur Sony ketika dihubungi ROCKOMOTIF, belum lama ini.

Sonny menjelaskan, pengemudi juga harus berkonsentrasi tinggi mengingat air hujan yang turun bisa menghalangi pandangan atau visibilitas pengemudi. Usahakan juga kondisi wiper berjalan dengan normal agar bisa menyapu air yang ada di permukaan kaca bagian depan.

“Kecepatan kurangi agar tidak terjadi hal yang diinginkan. Sebab kalau kencang, melakukan pengereman di jalan basah juga relatif lebih sulit ketimbang jalan kering. Bisa berbahaya dan menyebabkan kecelakaan nantinya,” ungkap Sony.

LEAVE A REPLY