Transjakarta Tidak Jadi Batasi Jam Operasional

0
Jam operasional Transjakarta

ROCKOMOTIF, Jakarta – Setelah mengumumkan pembatasan jam operasional serta rute Transjakarta yang ditempuh pada Senin (16/3), kini penyedia layanan transportasi di Jakarta tersebut kembali melayani penumpang dengan layanan penuh.

Dalam laman resmi Transjakarta, mereka menyebutkan bahwa meskipun ada kondisi Pandemi Corona, namun mereka mengembalikan jam operasional serta rute yang sempat dipangkas sebelumnya. Kini, per 17 Maret, Transjakarta akan beroperasi mulai pukul 05:00 WIB hingga 22:00 WIB untuk layanan reguler, dan 11 rute Armada Malam Hari (Amhari) yang dimulai pukul 22:00 – 05:00 WIB.

Adapun beberapa rute yang kembali difungsikan antara lain adalah:
– 15 rute BRT dalam koridor
– 25 rute angkutan umum terintegrasi di dalam kota
– 4 rute RoyalTrans
– 10 Rute Transjabodetabek
– 69 rute Mikrotrans

Penyesuaian rute tersebut diperlukan untuk membuat social distancing di dalam bus transjakarta, sehingga kapasitas angkut tiap bus menjadi:
– 60 penumpang untuk bus gandeng
– 30 penumpang untuk bus besar
– 15 penumpang untuk bus sedang dan Royaltrans
– 6 penumpang untuk Mikrotrans
Baca juga: Langkah Antisipatif Transjakarta Cegah Virus Corona

Dengan kondisi seperti sekarang, penyedia layanan tetap memberlakukan SOP yang ketat untuk mencegah penularan Pandemi Corona. Mereka menerapkan frekuensi dan jumlah bus yang beroperasi di setiap rute akan ditingkatkan hingga dua kali lipat dari biasanya, sehingga jumlah penumpang yang naik dalam satu bus dapat dikurangi.

Selain itu, Transjakarta juga dengan berat hati menyampaikan bahwa untuk menghindari desak-desakan di dalam halte, penumpang harus rela mengantre di luar shelter. Hal ini dijalankan guna menjaga jarak aman antar pelanggan dengan jarak satu lengan. Dengan begitu, penyedia layanan berharap penyebaran Pandemi Corona dapat lebih diminimalisir.

LEAVE A REPLY