Engineblock Autoworks Kembali Merestorasi Mesin Peugeot 504

0
engineblock autoworks peugeot

ROCKOMOTIF, Tangerang Selatan – Bengkel spesialis Peugeot yang terletak di kawasan Bintaro, Tangerang Selatan, Engineblock Autoworks, kembali dipercaya oleh konsumennya untuk merestorasi mesin Peugeot 504. Sebelumnya, Hadi Taruna atau yang akrab disapa Hatar, tuner sekaligus pemilik workshop tersebut, berhasil melakukan peremajaan untuk mesin Peugeot 505 GTi.

Mendapat kesempatan untuk merestorasi, Hatar, tidak menyia-nyaiakan kesempatan tersebut. Dalam pengerjaannya nanti, Hatar, tidak melakukan kustomisasi. Ini dikarenakan si pemilik Peugeot 504 tersebut ingin kondisi mesin sama seperti aslinya ketika mobil tersebut masih bisa digunakan. Hal tersebut menjadi sebuah tantangan bagi Hatar dan Engineblock Autoworks untuk memberikan kepuasan kepada konsumennya.

“Jadi untuk restorasi mesin Peugeot 504, saya tidak melakukan customize. Pemiliknya ingin mobil ini kembali bisa dihidupkan seperti sedia kala. Di mana kondisinya harus seperti awalnya. Itu tantangan bagi saya untuk melakukan pekerjaan ini,” buka Hatar, dalam bincangnya bersama ROCKOMOTIF di workshopnya (12/10).

Baca juga: Tantangan Hadi Taruna dalam Merestorasi Mobil Retro Peugeot

Sebagai langkah awal, Hatar bersama timnya akan melakukan pengecekan. Hal ini dilakukan untuk memastikan komponen apa saja yang sudah harus diganti serta komponen apa saja yang masih bisa digunakan. Dalam melakukan restorasi, Hatar, mengerjakannya dengan sangat teliti. Pasalnya, restorasi mesin membutuhkan tingkat kejelian yang mendalam.

“Ya pertama-tama saya harus mengecek dulu kondisi mesin seperti apa. Kedua saya harus melihat komponen apa saja yang harus diganti dan tidak. Kemudian saya harus rewiring (merunut ulang kabel), dan terakhir adalah menurunkan mesin serta mengerjakan sampai bisa hidup lagi mesinnya,” tambah tuner yang doyan kulineran ini.

Selain itu, nantinya setelah mesin sudah berhasil direstorasi Hatar juga akan melakukan pengetesan terhadap mesin. Ia mengatakan untuk menangani pekerjaan ini mungkin dibutuhkan waktu setidaknya satu bulan agar pekerjaan bisa lebih detail.

“Ya nanti akan ada trial and error. Setelah mesin naik, kita akan tes juga apakah semuanya baik-baik saja, atau gimana,” tandasnya.

LEAVE A REPLY