Merasakan Sensasi Turbo 1.000cc Toyota Raize GR Sport

0

ROCKOMOTIF, Jakarta – Sejatinya Toyota Raize adalah mobil yang awalnya dipasarkan di Jepang alias Japan Domestic Market (JDM). Namun Indonesia seperti mendapat durian runtuh dengan mendapat ijin untuk juga dipasarkan di tanah air. Dan sebagai negara kedua setelah Jepang, Indonesia beruntung mendapat fitur-fitur yang sama. Berikut impresi dari Raize 1.0T GR Sports TSS yang merupakan varian tertinggi dengan harga Rp. 265 jutaan.

Raize

Eksterior

Desain Raize begitu menawan, sehingga tampak menggoda siapapun yang melihatnya. Berkonsep compact SUV, Raize memiliki garis desain yang sportif dengan garis-garis tegas dan agresif. Sehingga merefleksikan citra muda dan aktif pada pemiliknya. Dimensinya memang tidak terlalu besar, yaitu panjang 4.030 mm, lebar 1.710 mm, dan tinggi 1.635 mm.

Namun Raize tetap terlihat proporsional berkat wheelbase 2.525 mm dan ground clearance setinggi 200 mm. Kesan sebuah SUV yang gagah, sporty, dan atraktif tampak dari aplikasi bumper trapezoidal tebal dan kokoh disertai sudut yang menyiku tajam dan agresif di depan. Illuminating headlamp, daytime running light (DRL), dan Sequential Turn Lamp, semua menggunakan LED, dan velg besar 17 inch pada tipe 1.0T yang dibalut ban berprofil 205/60R17.

Baca juga: Mesin Turbo Bikin Toyota Raize Laris Manis, Seminggu Laku 1.269 Unit

Raize

Interior

Jangan tertipu penampilannya yang compact, di dalam kabinnya ternyata cukup lapang dan mewah. Posisi legroom dan headroom cukup lega dan nyaman. Material pelapis jok juga bisa jadi pembeda dengan varian Toyota Raize lainnya. Tipe GR Sport mengaplikasikan material pelapis jok kombinasi kain (fabric) dan kulit sintetis.

Di interior juga dilengkapi fitur teknologi terdepan seperti MID 7 inch TFT dengan display interaktif dan modern. Tampilan ini dapat diganti-ganti dalam 4 opsi tampilan yaitu Advanced, Exciting, Simple, dan Analog.

Selain itu terdapat juga Steering Switch, Interior Illumination, serta Interactive 9 Inch Head Unit terkoneksi smart device T-Link. Ada juga fitur Personal Reminder, sebagai pengingat aturan pelat nomor ganjil-genap dengan memasukkan data mobil ke sistem.

Baca juga: Ferrox Luncurkan Filter Udara untuk Raize dan Rocky, Plus Kasih Diskon Spesial

Raize

Fitur Keselamatan

Toyota Raize dilengkapi fitur keselamatan lengkap seperti 6 Airbags, Pedal Misoperation Control, dan TSS + BSM RCTA, hingga kamera parkir. Semua fitur keselamatan ini terdapat pada varian 1.0 Turbo GR Sport CVT TSS. TSS adalah Toyota Safety Sense yang merupakan fitur keselamatan yang biasanya terdapat pada model di segmen high—premium segmen.

Fitur Pedal Misoperation Control akan mencegah tabrakan depan ketika pengemudi tidak sengaja atau mendadak menginjak pedal gas secara dalam. Sistem akan memberikan peringatan suara, mengontrol rem secara otomatis dan mereduksi keluaran tenaga mesin. Tujuannya agar pengemudi melakukan tindakan pencegahan seperti melakukan pengereman atau menghindar. Apabila sistem mendeteksi pedal gas diinjak terlalu dalam atau cepat saat mobil melaju kurang dari 10 km/jam, maka muncul peringatan suara, indikator peringatan dan output tenaga mesin akan dikontrol selama 8 detik.

Raize

Saat sistem mendeteksi tabrakan tetap akan terjadi walau tenaga mesin sudah ditekan, maka secara otomatis sistem akan mengontrol kerja rem hingga mobil benar-benar berhenti. Namun Pedal Misoperation Control tidak akan bekerja jika menginjak pedal gas secara perlahan, misalnya dalam kondisi jalan padat merayap. Selain itu, fitur ini juga tidak akan aktif saat setir mobil diputar oleh pengemudi

Selain itu, seluruh tipe Toyota Raize sudah dilengkapi fitur keamanan berupa rem dengan Anti-lock Braking System (ABS), Vehicle Stability Control (VSC), Hill Start Assist (HSA), Seatbelt Warning, Rear Parking Sensor, Rear Parking Camera, serta Alarm + Immobilizer. Untuk kapasitas bagasi sebesar 369 liter dan lantai bagasinya memiliki dua level ketinggian. Tak hanya itu, bangku belakang yang terpisah 50:50 dapat dilipat hingga rata sehingga kapasitas bagasi dapat meningkat.

Baca juga: Spesifikasi Toyota Raize Jauh Lebih Canggih dari Fortuner, Bisa Jadi Mobil Terlaris?

Raize

Mesin dan Performa

Banyak yang meragukan kemampuan konfigurasi 3-silinder dari mesin berkode 1KR-VET DOHC VVT-i. Meskipun hanya berkapasitas 1.000cc, namun dengan imbuhan turbocharger, tenaga yang diproduksi bisa mencapai 98 PS pada 6.000 rpm dan torsi 140 Nm pada 2.400 – 4.000 rpm. Alhasil, performanya sungguh mengejutkan. Getaran mesin 3-silinder juga dapat diredam dengan baik berkat penggunaan engine mounting dengan stabilizer.

Dimulai dengan injakan halus di pedal gas, Raize langsung bereaksi dengan langsung bergerak ringan. Begitu pedal gas diinjak lebih dalam, mobil berbobot sekitar 1.000 kg ini akan bergerak responsif menghadirkan akselerasi yang responsif melebihi ekspektasi. Sungguh menyenangkan saat mengendarainya karena performanya terasa penuh sejak putaran mesin rendah.

Raize

Saat melaju di jalan tol, tak butuh waktu lama bagi jarum speedometer untuk menunjukkan angka 130 km/jam. Transmisi CVT kopling-ganda juga dengan presisi menyalurkan tenaganya ke roda depan dengan halus. Jika dirasa masih kurang sporty, silahkan pindahkan tuas transmisi ke manual. Lalu gunakan paddle shift di balik kemudi untuk mendapatkan sensasi akselerasi lebih cepat sesuai kebutuhan, seperti saat menyalip mobil di depan. Sungguh lebih menyenangkan saat memainkan transmisi otomatis 7-speed.

Pengendalian dan Kestabilan

Raize diuntungkan dengan dimensinya yang compact yang membuatnya cocok dikendarai di tengah kepadatan lalu lintas kota. Stirnya mudah ditaklukkan dan sigap mengikuti kemauan pengemudi saat harus menari ditengah kemacetan. Kelincahan dan kegesitannya dibantu dengan posisi duduk yang cukup baik. Berkat pengaturan bangku yang fleksibel, baik reclining maupun ketinggiannya, sehingga didapatkan pandangan yang baik.

Raize

Tak seperti model-model compact sebelumnya, saat menghadapi jalanan bergelombang atau lubang-lubang jalanan, Raize dapat mengatasinya dengan lebih pas dan nyaman. Paduan suspensi MacPherson strut di depan dan Torsion Beam di belakang seakan menjadi racikan paling pas dan memuaskan untuk sebuah mobil perkotaan. Ditunjang jarak terendah ke tanah yang mencapai 200 mm, membuat Raize juga cukup ideal menghadapi medan jalan di Tanah Air.

Saat melaju di kecepatan tinggi, kestabilannya patut diacungi jempol. Begitu pun ketika harus bermanuver, gejala limbung juga sangat minim. Pantas saja, soal stabilitas, mobil ini juga telah dilengkapi dengan Vehicle Stability Control (VSC) untuk menjaga pengendalian mobil secara elektronik. Tak hanya itu, adanya fitur Hill Start Assist (HSA) juga membantu pengemudi saat harus berhenti di tengah tanjakan, karena dapat menjaga mobil tetap diam.

LEAVE A REPLY