Mitsubishi Luncurkan New Xpander dan Xpander Cross, Apa Bedanya dari Model Lama?

0
new xpander

ROCKOMOTIF, JakartaMitsubishi Motors resmi merilis model terbaru dari New Xpander dan juga Xpander Cross untuk pasar Indonesia pada hari ini, Senin (8/11/2021). Sayangnya PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) belum mengumumkan berapa harga jual dari dua model terbarunya ini.

Sepertinya MMKSI masih menunggu kepastian dari harga kompetitor terberatnya yaitu Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia yang baru diluncurkan pada esok lusa (10/11) dan juga saat GIIAS untuk Xenia (11/11). Pastinya strategi ini ditujukan agar Mitsubishi Xpander memiliki harga yang tetap kompetitif.

Mitsubishi Xpander dirilis sejak 2017 silam dan dikembangkan melalui riset mendalam, hingga diproduksi di Indonesia. Saat ini Xpander telah terjual hingga lebih dari 210 ribu unit.

“Dengan segala keunggulan fitur di sisi interior dan eksterior yang semakin luxurious, performa dan sistem keselamatan yang semakin baik, kami memperkenalkan New Xpander sebagai generasi terbaru, yang akan menjadi partner Anda, para konsumen kami di Indonesia dalam menjalani petualangan hidup. Karena kami, Mitsubishi Motors, percaya bahwa setiap tahapan dalam kehidupan adalah sebuah Adventure. Kami ingin selalu menjadi bagian dari perjalan hidup Anda yang terus berputar, guna menciptakan momen berharga tak terlupakan bersama orang-orang terkasih. Be The Life Xpander!,” ungkap Naoya Nakamura President Director PT MMKSI.

Mitsubishi New Xpander dan Xpander Cross ini mendapatkan ubahan yang cukup berarti untuk bersaing di pasar low MPV. Hanya saja, New Xpander yang mendapat ubahan paling banyak, mulai dari eksterior, interior hingga ke transmisi dan fitur. Sementara Xpander Cross hanya mendapat ubahan di interior dan transmisi serta fitur. Untuk tampang luarnya masih terlihat sama seperti model lamanya.

new xpander

Ubahan New Xpander

Ubahan pada New Xpander ini terdapat di tampilan luar, dengan desain baru mulai dari depan hingga belakang. Bumper depan berubah karena desain lampu depan sekarang berbentuk T-Shape dengan fitur LED, berubah total dari model lama yang sekarang terlihat lebih modern dan sporty. Bahasa desain “Dynamic Shield” khas Mitsubishi Motors masih tetap tersedia di New Xpander.

Lampu belakang juga mendapat ubahan dengan desain garis yang lebih tegas ketimbang sebelumnya dengan model T-Shape juga. Bagian samping sekarang ada side sill garnish dan ukuran pelek menjadi 17 inci two tone. Pintu bagasi belakang juga sekarang modelnya electric door handle.

Masuk ke dalam kabin, hampir sebagian besar layout interior New Xpander berubah total. Mulai dari desain setir yang berubah, dan bagian dasbor serta doortrim semuanya mendapat lapisan soft touch sehingga lebih mewah. Untuk tipe Ultimate masih mendapat warna kabin beige, hanya untuk jok masih tetap berlapis fabric.

new xpander cross

AC di New Xpander sudah digital dan layar hiburannya sekarang berukuran 8 inci dengan koneksi ke smartphone. Meter cluster pun direvisi sehingga lebih modern dan mewah, tidak lagi ada kesan ini sebuah low MPV. Untuk rem parkir di New Xpander sekarang ini juga sudah model electric parking brake (EPB).

Fiturnya pun ditambah dengan ada slot khusus untuk meletakkan uang elektronik di bawah head unit, dan juga tempat tisu di bawah arm rest tengah. Fitur cruise control pun masih tersedia di New Xpander.

Transmisi CVT

Transmisi CVT kini dibenamkan di New Xpander sehingga karakter berkendara New Xpander ini akan berbeda dari model lama, tentunya efisiensi bahan bakar juga akan lebih baik. Adanya CVT di New Xpander ini diklaim mampu memberikan akselerasi yang maksimal dan tajam seperti transmisi AT 8 percepatan yang terdapat di Pajero Sport.

xpander cross interior

Tenaga yang dihasilkan New Xpander masih sama yaitu 105 PS pada 6.000 rpm dan torsi 141 Nm di 4.000 rpm. MMKSI juga meningkatkan kualitas peredaman dengan mengubah setingan suspensi dan kualitas shock breaker New Xpander. Dengan pelek berukuran 17 inci tampaknya setingan suspensinya sama seperti pada Xpander Cross.

Ground clearance New Xpander juga meningkat dari 205 mm menjadi 220 mm sama seperti ground clearance Xpander Cross. Konsekuensi dari berubahnya ukuran pelek ke 17 inci dari sebelumnya 16 inci.

Untuk fitur lainnya masih tetap sama, seperti sistem keselamatan terbaik di kelasnya, yaitu: Dual SRS Airbags, struktur RISE body, Seatbelt dengan ELR 3 titik dan ISO-FIX child seating fixing bar, New Speed Sensitive Automatic Door Lock2, New Electric Parking Brake with Brake Auto Hold4, ASC, ABS-EBD dengan BA, ESS, Hill Start Assist.

Bahkan fitur seperti ASC, BA dan HSA, sekarang sudah tersedia mulai dari varian GLS hingga Ultimate CVT.

 

new xpander cross

Ubahan Xpander Cross

Sementara ubahan di Xpander Cross hanay berfokus di bagian dalam kabin, seperti jok berlapis kulit sekarang memadukan warna hitam dan biru. Lapisan kulit soft touch juga sekarang tersedia di Xpander Cross, mulai dari dasbor sampai ke door trim.

Fitur hiburan dimaksimalkan dengan penggunaan layar sentuh berukuran 9 inci dengan koneksi smartphone. Lingkar setir juga baru sama seperti New Xpander dengan fitur audio switch dan cruise control. AC Digital juga tersedia di Xpander Cross facelift ini lengkap dengan electric parking brake dengan brake auto hold dan juga pengunci otomatis berdasarkan kecepatan.

Transmisi CVT juga dibenamkan pada Xpander Cross, sama seperti di New Xpander. Ubahan di ekstrior hanya revisi di grill depan yang sekarang warnanya hitam metalik.

Seperti yang sudah disebutkan di atas, kalau MMKSI masih belum mengumumkan harga dari New Xpander dan New Xpander Cross ini. Mungkin harga resminya baru akan dirilis saat GIIAS 2021 pada 11 November mendatang.

LEAVE A REPLY