Tuxedo Studio Pamer Kit Car Klasik Buatan Tangan di IIMS Hybrid 2022

0
Kit Car buatan Tuxedo Studio Bali unjuk gigi di IIMS Hybrid 2022
Kit Car buatan Tuxedo Studio Bali unjuk gigi di IIMS Hybrid 2022

ROCKOMOTIF, Jakarta – Workshop otomotif asal Bali, Tuxedo Studio, ikut menyemarakkan pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid yang tengah digelar sejak 31 Maret hingga 10 April 2022 di JIExpoo Kemayoran, Jakarta Pusat.

Dalam momen tebar pesonanya di Jakarta tersebut, Tuxedo Studio, memamerkan beberapa unit mobil hasil karyanya yang merupakan kit car alias mobil replika yang dibuat begitu mirip dengan aslinya.

Mobil lansiran Jerman, Porsche, menjadi bintang pada booth mereka yang terletak di Hall A bersamaan dengan beberapa Agen Pemegang Merk (APM) lainnya yang menjadi eksebitor pameran tersebut.

Agung Bramastha, salah seorang tenaga penjual yang ditemui ROCKOMOTIF, menjelaskan, bahwa kit car yang dipamerkan ini merupakan hasil karya buatan tangan yang dikerjakan dari awal sampai akhir.

“Semuanya kita kerjakan di Bali. Hand made mulai dari awal sampai akhir, dengan melalui beberapa proses,” jelas Agung, di sela-sela pameran IIMS Hybrid 2022.

Ia juga menjelaskan proses pembuatan kit car dari Tuxedo Studio diawali dengan membuat wooden buck, di mana bentuk mobil yang ingin dibuat dicetak melalui kayu-kayu yang disusun menyerupai sebuah mobil. Setelah itu, tahap selanjutnya adalah pembuatan wireframe untuk membuat bentuk mobil menjadi realistis. Baru kemudian sebagai tahap akhirnya, beberapa plat dipasang dan ditempa untuk memberikan hasil yang lebih maksimal.

Mengenai penggunaan komponen pada kit car, mereka terbiasa menggunakan komponen dari model Volkswagen Kodok, untuk sektor mesin, kaki-kaki, girboks, bodi dan sasis.

“Alasannya karena mesin Porsche itu kan mirip-mirip dengan Volkswagen. Jadi untuk ketersediaan komponennya masih bisa dicari dengan mudah,” tambah Agung.

Mengenai harga yang dibanderol untuk satu unitnya, menurut Agung, memang begitu variatif dan tegantung pada model apa yang menjadi basisnya.

“Kisaran harga itu, mulai dari Rp 1,070 miliar sampai yang paling mahal yang pernah kita buat itu Mercedes-Benz SL300 seharga Rp 4,5 miliaran,” tambahnya.

Sejauh ini, sejak beroperasi pada tahun 2020 – 2021, Tuxedo Studio ini telah merampungkan beberapa unit mobil. Mayoritas, setiap mobil yang mereka bangun sudah berstatus sold out alias sudah terjual kepada konsumennya.

LEAVE A REPLY