Mitsubishi Pasarkan L300 Bermesin Euro 4, Masih Aman Minum Biosolar

0
Mitsubishi L300 euro 4

ROCKOMOTIF, Jakarta – Regulasi mengenai mesin diesel yang harus memenuhi standar emisi Euro 4 dipenuhi oleh PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI). Setelah Pajero Sport dan kemudian menyusul Triton dengan mesin berstandar Euro 4, kini MMKSI resmi memasarkan kendaraan niaga andalannya, Colt L300 dengan spesifikasi Euro 4.

Secara spesifikasi mesin, untuk Colt L300 terbaru ini memang sudah berstandar Euro 4, dengan adanya penyesuaian pada sektor jantung pacunya. New Colt L300 ini mengusung mesin diesel baru 2.268 cc dengan model 4N14 – DOHC 4 Cylinder Inline, Direct Injection, Inter Cooler Common Rail Turbocharger, yang menghasilkan tenaga 99,25 Ps/ 3.500 RPM dan torsi 200 Nm/ 1.000-3.500 RPM. Tenaga yang dihasilkan diklaim 40% lebih besar dari model sebelumnya untuk mendukung muatan lebih banyak dan dengan tenaga tarikan yang lebih besar.

“Sejak bulan April 2022 pemerintah berlakukan Euro 4 untuk semua kendaraan mesin diesel ini tentunya semua merek menyesuaikan spesifikasi kendaraan yang dijual di Indonesia. Kami bertahap menyesuaikan line up diesel dengan spesifikasi Euro 4, mulai dari Pajero Sport dan terakhir Triton. Kini dengan L300 melengkapi kendaraan Mitsubishi dengan spesifikasi Euro 4,” ujar Irwan Kuncoro, Diretor of Sales and Marketing Division PT MMKSI saat peluncuran secara online, Selasa (28/6/2022).

l300 euro 4

Masih bisa minum Biosolar

Penjualan model L300 memang sudah lama menjadi jagoan pick-up andalan usaha konsumen beberapa generasi, yang dibuktikan dengan posisi pemimpin pasar dengan pangsa pasar lebih dari 63%, dan total populasi di Indonesia saat ini lebih dari 660.000 unit. Lantas apakah dengan perubahan ke Euro 4 ini akan menurunkan potensi pembeli di Indonesia dan bagaimana dengan ketersediaan solar berkualitas seperti Pertamina Dex di pelosok Indonesia?

“Penyesuaan yang dominan ada di mesin, titiknya pada pembakaran dan gas buang. Manfaat yang optimal dari mesin euro4 harus didukung oleh bahan bakar diesel yang sesuai yaitu dengan spesifikasi cetane 51 dan sulfur 50 ppm,” jelas Irwan lebih lanjut.

Baca juga: MMKSI Berhasil Jadi Penopang Penjualan Mitsubishi Secara Global

Menurut MMKSI, konsumen L300 dengan spesifikasi Euro 4 ini tidak perlu khawatir jika memang belum tersedia Pertamina Dex di wilayahnya. Generasi terbaru L300 ini diklaim masih aman untuk meminum solar biasa atau Biosolar jika memang terpaksa, dengan catatan harus lebih sering dibersihkan dan perawatannya juga harus ekstra.

“Maka bagaimana jika konsumen tidak punya pilihan dan hanya punya biosolar, tidak perlu khawatir, bahan bakar yang tidak tepat tidak akan langsung merusak mesin, tapi perlu perawatan yang rutin,” tambahnya.

“Jika konsumen tidak punya bahan bakar yang sesuai, kami sarankan agar mereka tetap melakukan perawatan dengan rutin melakukan penggantian fuel filter di dealer resmi. Ditekankan juga tidak ada resiko kendaraan mati dan mogok mendadak jika meggunakan bahan bakar yang tidak direkomendasikan,” ujar Eiichiro Hamazaki, Director of After Sales Division PT MMKSI menambahkan.

l300 euro 4

Pihak MMKSI juga menjamin garansi kendaraan tidak gugur ketika konsumen menggunakan bahan bakar Biosolar, hanya saja keuntungan dengan spesifikasi Euro 4 ini menjadi tidak terasa oleh konsumen.

Baca juga: Regulasi Euro4, Mitsubishi Sudah Siap Tapi Harga Naik

“New L300 dilengkapi dengan mesin 4n14 yang Euro 4, menghasilkan emisi yang ramah lingkungan dan efisiensi yang lebih irit. Selain memastikan performa terbaik, torsi lebih besar dan bertenaga, untuk hasilkan gas buang standar Euro 4 maka suara mesin jadi lebih senyap maka direkomendasikan bahan bakar euro 4,” beber Guntur Harling, General Manager Product Strategy Division PT MMKSI.

Hamazaki pun memastikan jika terjadi kerusakan akibat penggunaan bahan bakar yang tidak sesuai spesifikasi Euro 4 maka yang tidak berlaku hanya suku cadang yang rusak saja, tidak menggugurkan garansi kendaraan secara keseluruhan.

“Ini banyak yang bertanya soal ini, jadi saya perlu jelaskan. Mobil ini punya garansi 2 tahun atau 50.000 kilometer mana yang lebih dulu tercapai. Namun perlu ditekankan kalau ada kerusakan part karena bahan bakar yang tidak sesuai maka garansi akan gugur hanya untuk part-part yang teridentifikasi rusak, tidak gugurkan garansi kendaraan secara keseluruhan,” tutur Hamazaki.

Mitsubishi New Colt L300 ini tersedia dalam dua pilihan sasis, yaitu pickup flat deck dan cab chassis. Terkait harga on the road, untuk picku flat deck dibanderol Rp218,650 juta dan cab chassis Rp213,650 juta.

“Selama masa peluncuran ini, kami akan berikan program pembiayaan yang menarik dan program tambahan yang menyesuaikan di masing-masing area,” tutup Irwan.

LEAVE A REPLY