Begini Tips Perawatan Baterai Lithium-ion Suzuki Ertiga Hybrid

0
Perawatan baterai Ertiga hybrid
Simak tips perawatan baterai Ertiga hybrid

ROCKOMOTIF, Jakarta – Agar tidak menimbulkan kebingungan bagi konsumen, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) memberikan tips perawatan baterai Ertiga hybrid untuk konsumen.

Melalui kehadiran baterai tersebut, PT SIS, mengeklaim salah satu keunggulan dari mobil hybrid ini adalah hasil konsumsi bahan bakar yang lebih efisien dibandingkan model konvensional.

Kehadiran baterai Lithium-ion yang disematkan pada mobil, sejatinya tidak membutuhkan perawatan khusus. Namun, perawatan baterai Ertiga hybrid ini perlu diperhatikan agar kinerja dan durabilitas komponen tersebut tetap terjaga dan dapat bekerja secara optimal.

“Memeriksa baterai Lithium-ion dapat dilakukan secara mudah dan berbarengan dengan perawatan accu maupun komponen lain pada kendaraan pada umumnya secara berkala. Untuk memudahkan konsumen, Bengkel Resmi Suzuki akan melakukan pengecekan bersamaan dengan periode service rutin kendaraan,” jelas Hariadi, Asst to Service Dept Head PT Suzuki Indomobil Sales.

Melalui kehadiran baterai Lithium-ion ini, kinerja sistem kelistrikan menjadi lebih mudah. Hal ini dikarenakan suplai listrik yang ditujukan untuk beberapa fitur elektronik, disumberkan melalui baterai tersebut.

Perawatan baterai Ertiga hybrid
Begini perawatan baterai Ertiga hybrid

Tidak sampai di situ, dengan melakukan perawatan baterai Ertiga hybrid juga dapat membantu kinerja mesin terutama ketika Engine Auto Start-Stop sedang aktif. Untuk meningkatkan faktor keamanan, baterai Lithium-ion tersebut juga dilengkapi dengan wadah kedap udara sehingga membuat baterai aman dari kotoran maupun cipratan air.

Kiat pemeriksaan pertama yang paling mudah dilakukan adalah memastikan sisa kapasitas daya baterai selalu dalam kondisi yang cukup atau penuh, dengan cara melihat indikator baterai yang ada di MID (Multi Information Display).

Apabila kapasitas daya baterai menurun atau berkurang, konsumen disarankan melakukan isi ulang daya baterai dengan cara deselerasi regeneratif saat berkendara maupun rutin menghidupkan mesin jika mobil jarang digunakan.

Selain itu, perawatan konsumen juga harus menghindari modifikasi pada komponen kelistrikan yang tidak sesuai yang dapat menyebabkan kerusakan, dilarang melepas baterai Lithium-ion sendiri tanpa mekanik bengkel resmi Suzuki, menghindari menerobos banjir, menghindari temperatur di bawah -20°C dan di atas 140°C, menjaga baterai dari jangkauan anak-anak, tidak mencuci baterai dengan cairan apapun, serta mengembalikan limbah baterai Lithium-ion ke bengkel resmi Suzuki.

“Untuk mengoptimalkan daya tahan baterai pada komponen Suzuki Smart Hybrid, kami mengimbau konsumen untuk mengikuti anjuran perawatan seperti yang ada di dalam buku pedoman perawatan kendaraan. Selain menjaga agar umur pakainya lama, pemeriksaan juga penting dilakukan untuk memberikan pengalaman mengendarai All New Ertiga Hybrid yang nyaman dan aman,” tutup Hariadi.

All New Ertiga Hybrid tersedia dalam pilihan transmisi manual (MT) 5 percepatan dan otomatis (AT) 4 percepatan dengan dua tipe yaitu GX dan Suzuki Sport.
Harga On-the-road (OTR) Jakarta bulan Juni 2022:

All New Ertiga Hybrid SS-AT Rp292.300.000
All New Ertiga Hybrid SS-MT Rp281.300.000
All New Ertiga Hybrid GX-AT Rp281.300.000
All New Ertiga Hybrid GX-MT Rp270.300.000

LEAVE A REPLY