Toyota GR Yaris AP4 Siap Lakoni Debut di Kejurnas Sprint Rally

0
Toyota GR Yaris AP4
Toyota GR Yaris AP4 lakoni sesi latihan sebelum Kejurnas Sprint Rally 2022 (Foto : Adrenal Rio)

ROCKOMOTIF, Jakarta – Mobil rally yang paling ditunggu-tunggu kehadirannya, Toyota GR Yaris AP4, akhirnya resmi mendarat di Indonesia. Kehadiran hatchback paling dicari ini semakin memberikan warna baru untuk dunia rally Tanah Air.

Secara spesifikasi, Toyota GR Yaris AP4 yang nantinya akan digeber oleh Ryan Nirwan sebagai driver dan Adi Indiarto sebagai co-driver, telah disiapkan dengan mengikuti regulasi AP4 yang dikeluarkan oleh FIA.

Sebelum bertolak ke Malang, Jawa Timur, untuk melakoni putaran pertama dan kedua Kejurnas Sprint Rally 2022, pereli Toyota Gazoo Racing Indonesia ini turut menjalani sesi latihan di Stage Park Sentul, Bogor, Jawa Barat, pada Rabu (20/7/2022) pagi.

Dalam agenda latihan yang digelar hari ini, menitikberatkan pengendalian serta adaptasi dari Ryan Nirwan terhadap handling mobil rally tersebut. Selain itu, sesi latihan tersebut juga digunakan untuk mendapatkan chemistry antara Ryan dan mobil tersebut.

Toyota GR Yaris AP4
Ryan Nirwan, pereli di balik kemudi Toyota GR Yaris AP4 (Foto : Adrenal Rio)

Mengintip spesifikasi yang disematkan pada Toyota GR Yaris AP4 milik Ryan Nirwan, mobil rally ini telah dipersenjatai dengan beberapa komponen kompetisi yang dapat meningkatkan performa mobil di atas lintasan.

Salah satunya adalah penggunaan shockbreaker Reiger 4-Way yang ditempatkan di keempat titiknya. Tidak sebatas itu, penggunaan shockbreaker tersebut juga dibuat dengan sudut kemiringan tertentu agar menghasilkan kesempurnaan handling.

Menyoal jantung pacunya, menurut pengakuan Ryan Nirwan, mesin yang digunakan masih menggunakan aslinya. Namun, ia menjelaskan bahwa ada re-tuning dari mesin tersebut agar hasilnya dapat lebih maksimal. Sementara untuk hal lainya, semua mengikuti regulasi yang sudah dikeluarkan oleh FIA untuk Kelas AP4.

Toyota GR Yaris AP4
Toyota GR Yaris AP4 lakoni sesi latihan sebelum Kejurnas Sprint Rally 2022 (Foto : Adrenal Rio)

Bicara perlengkapan yang digunakan pada Toyota GR Yaris AP4, pereli asal Balikpapan, Kalimantan Timur, membeberkan untuk jok, lingkar kemudi, dan seatbelt enam titik menggunakan OMP. Sedangkan untuk pedal menggunakan AP Racing, Dashsteer menggunakan Tremondi, PDM menggunakan Bosch, serta dilengkapi dengan faktor keselamatan rollbar enam titik.

Nantinya, Toyota GR Yaris AP4 ini akan beradu cepat dengan beberapa mobil seperti AP4, Proto, dan R5 seperti Mitsubishi Xpander AP4, Mazda2 AP4, Citroen C3 R5, Skoda R5, Hyundai i20 R5, Yaris Proto dan Nissan Micra Proto.

LEAVE A REPLY