Bus Listrik MAB Laris Manis di PEVS 2022, Catatkan Rp 41 Miliar

0
bus listrik MAB di PEVS 2022

ROCKOMOTIF, Jakarta – Ajang pameran kendaraan listrik Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2022 menjadi ajang edukasi bagi masyarakat tentang pentingnya peran kendaraan listrik di Indonesia. Salah satu pesertanya adalah PT Mobil Anak Bangsa (MAB) yang merupakan perusahaan kendaraan listrik asli Indonesia yang memboyong beberapa jenis kendaraan listrik komersial seperti bus, truk, dan juga sepeda motor.

Ternyata bus listrik MAB ini sudah ada peminatnya sebagai kendaraan operasional perusahaan atau kantor. Bus listrik dalam negeri ini telah melakukan penandatanganan Konfirmasi Pembelian bus listrik MAB di PEVS 2022.

Adapun perusahaan yang membelinya seperti PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP), PT Chandra Asri Petrochemicals (CAP), PT Kaltim Parna Industri (KPI) dan Pemerintah Kota Semarang (Pemkot Semarang). Selain itu, MAB juga mengadakan seremoni penghargaan kepada PT Kideco Jaya Agung (Kideco) yang telah melakukan pembelian bus listrik dari MAB pada akhir tahun 2021.

Baca juga: Mobil Listrik KTT G20 Bakal Mejeng di PEVS 2022

“Pembelian produk Bus Listrik MAB hasil karya Bangsa Indonesia oleh beberapa perusahaan ini merupakan kepercayaan dari beberapa perusahaan di Indonesia kepada hasil karya Bangsa sendiri. Bagi MAB, kami akan terus berkomitmen mengembangkan produk-produk kendaraan listrik termasuk menghasilkan produk kendaraan listrik yang berkualitas untuk Indonesia yang semakin ramah lingkungan” papar Kelik Irwantono, Direktur Utama MAB.

Kerja sama tersebut juga menghasilkan nilai kontrak pembelian bus listrik MAB hingga sebesar Rp41,1 miliar lebih. Rinciannya berupa 7 unit bus 12 meter (big bus) dan 2 unit bus 8 meter (medium bus).

Secara total, sejak pertama dikenalkan pad 2019 silam, bus listrik MAB sudah terjual 40 unit. Kelik menyatakan jika rata-rata penggunaan bus listrik tersebut adalah angkutan karyawan. Kecuali Pemkot Semarang yang ditujukan untuk kendaraan wisata.

Teknologi Canggih

Bukan sekadar bertenaga listrik, tapi bus ini juga dilengkapi dengan teknologi canggih. Adalah PT Teknologi Karya Digital Nusa (TKDN) yang menghadirkan perangkat TAM Fleet (TKDN Advance Mobility) berteknologi Internet of Things (IoT) dan Artificial Intelligent (AI) di bus tanpa emisi ini.

pengunjung PEVS 2022 di JIExpo Kemayoran Jakarta, 22-31 Juli, dapat melihat perangkat TAM Fleet berteknologi IoT dan AI yang terpasang pada armada bus listrik MAB.

Baca juga: Baterai Wuling Air ev Aman Setelah Melalui Serangkaian Pengujian Ekstrem

bus listrik MAB UI

Teknologi ini berguna untuk meningkatkan kualitas layanan dan aspek keselamatan. Seperti Driver Safety Monitoring (DSM) yang dapat memberikan Driver Behavior Analysis untuk memantau perilaku pengemudi, agar tidak melakukan pelanggaran selama armada beroperasi.

Selain itu, terdapat perangkat Blind Spot Detection yang menggunakan 3D depth camera with AI yang mampu mendeteksi keberadaan pejalan kaki maupun kendaraan di sekitar armada. Keakuratannya mencapai 95 persen, sehingga dapat meminimalisasi kecelakaan lalu lintas.

Salah satu kemampuan teknologi AI pada perangkat APC adalah dapat menghitung jumlah penumpang yang naik secara akurat. Perangkat lain dari TAM Fleet seperti Advanced Driver Assistance System (ADAS) dan Indicator R-Watch, bahkan dapat memberikan peringatan awal.

Yaitu peringatan jika armada kendaraan terdeteksi menyimpang dari jalur, melewati batas kecepatan, ataupun jika terjadi potensi tabrakan depan.

LEAVE A REPLY