Mercedes-AMG Project One: Mengusung Teknologi F1

0
Mercedes-AMG Project ONE Concept
Mercedes-AMG Project ONE Concept

ROCKOMOTIF, Frankfurt – Mercedes-AMG Project One yang mengusung teknologiĀ mobil F1 Mercedes baru saja diperkenalkan di ajang International Motor Show (IAA) di Frankfurt.

Mobil ini bisa dikatakan mobil F1 yang bisa digunakan di jalanan biasa. Dalam rangka perayaan AMG 50th anniversary, mobil ini diklaim menjadi mobil supersports dua tempat duduk yang sangat mutakhir dan memiliki efisiensi yang sempurna.

Mesin hybrid dari Mercedes-AMG Project One ini mampu melontarkan tenaga lebih dari 1.000 hp dan memiliki kecepatan tertinggi yakni 350 kpj. Mobil tersebut merupakan perpaduan performa trek balap yang luar biasa dengan teknologi hybrid Formula 1.

Mercedes-AMG Project ONE Concept
Mercedes-AMG Project ONE Concept

Pengembangan yang kompleks ini merupakan hasil dari kerjasama antara insinyur Formula 1 dalam Merecedes-AMG High Performance Powertrains di Brixwort dengan tim Mercedes-AMG Petronas Motorsport di Brackley.

Model dari Mercedes-AMG Project One merupakan strategi dari Mercedes-Benz untuk model mobil sport hybrid di masa depan.

Seperti yang kita ketahui, hybrid merupakan jenis kendaraan yang tidak menggunakan mesin konvensional seluruhnya melainkan digabungkan dengan motor listrik.

Mercedes-AMG Project ONE Concept
Mercedes-AMG Project ONE Concept

Mesin V6 Dan Hybrid

Mercedes-AMG Project One akan dipersenjatai oleh mesin V6 hybrid dengan teknologi injeksi yang dikombinasikan dengan sistem turbocharger elektrik. Teknologi tersebut merupakan teknologi yang digunakan di mobil balap Mercedes-AMG Petronas di ajang Formula 1.

Posisi mesin yang tidak lagi di depan melainkan di tengah mampu membawa mobil tersebut hingga putaran mesin 11.000 rpm dan mencatatkan mobil tersebut menjadi mobil yang sangat cepat untuk sebuah kendaraan jalan raya.

Mercedes-AMG Project ONE Concept
Kabin Mercedes-AMG Project ONE Concept

Untuk sistem penggeraknya sendiri, Mercedes-AMG Project One memiliki empat motor listrik dimana keempat motor listrik terintegrasi dengan pintar.

Walaupun memiliki sekaligus empat motor listrik, setiap motor listrik menghasilkan tenaga yang berbeda-beda.

Motor listrik bagian depan dan motor listrik yang terpasang di mesin sama-sama mengeluarkan tenaga sebesar 160 hp. Sedangkan motor listrik yang terpasang pada turbocharger-nya mampu menghasilkan tenaga sebesar 120 hp.

Untuk transmisi sendiri, Mercedes-AMG Project One akan menggunakan transmisi manual Automated AMG 8-percepatan.

Dengan total tenaga hampir 1.000 hp jika digabungkan dengan tenaga mesin konvensionalnya, Mercedes-AMG Project One mampu berakselerasi dari keadaan diam hingga 200 kpj hanya dalam kurun waktu 6 detik saja.

Mercedes-AMG Project ONE Concept
Tampak Belakang Mercedes-AMG Project ONE Concept

Desain Layaknya Hypercar

Berbicara mengenai desain, desain dari Mercedes-AMG Project One hampir serupa dengan desain dari AMG CLK GTR dengan tampilan ganas mobil balap LMP1 yang dilengkapi dengan shark fin memanjang di bagian atapnya.

Rangka yang digunakan pun bukan rangka sembarangan. Mercedes-AMG mempersenjatai mobil terbarunya dengan rangka monokok yang terbuat dari bahan serat karbon seperti yang digunakan pada mobil balap mereka.

Di bagian interiornya, tidak terdapat banyak panel. Karena mobil ini layaknya mobil balap, di mana panel instrument semua ada di lingkar kemudi.

Kemudinya menggunakan kemudi yang ada di mobil F1 beserta teknologi yang ada di dalamnya. Seperti indicator shift gear, mode berkendara dan yang lainnya.

Mobil ini akan diproduksi terbatas sebanyak 275 unit saja dengan kisaran harga US$ 2,7 juta atau sekitar Rp 36 miliar. Dan akan segera dipasarkan di kuartal kedua tahun 2019 mendatang.

LEAVE A REPLY