Denda Pajak Kendaraan Bermotor DKI Jakarta Dihapus Sementara

0
pajak kendaraan
Ilustrasi pembayaran pajak kendaraan di kantor Samsat (foto/ntmc polri)

ROCKOMOTIF, Jakarta – Berita gembira bagi para penunggak pajak, khususnya pajak kendaraan bermotor di DKI Jakarta. Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengeluarkan kebijakan menghapus sementara denda pajak kendaraan bermotor (PKB) dan bea balik nama kendaraan bermotor (BBN-KB).

Penghapusan denda atau sanksi administrasi ini berlaku mulai dari hari hari Kamis tanggal 30 November ini hingga hari Sabtu tanggal 23 Desember 2017.

Bagi warga masyarakat yang masih memiliki tunggakan PKB dan belum melakukan balik nama kendaraan atau membayar BBN-KB silahkan segera menyambangi kantpr Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) terdekat. Sebelum nanti terjaring razia oleh petugas di lapangan.

Baca Juga: Siap Tantang CR-V Turbo, Berapa Harga SUV Sokon Glory 580?

Gelar Razia Gabungan

Untuk mendukung kebijakan serta sukses tujuan tersebut, maka Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Badan Pajak dan Retribusi Provinsi DKI Jakarta, Dishub DKI serta Jasa Raharja akan kembali menggelar razia gabungan tahap ketiga. Dengan sasaran kendaraan bermotor yang menunggak pajak atau belum daftar ulang (BDU) di lima wilayah DKI Jakarta.

Harap diingat kebijakan penghapusan denda ini tidak berlaku bagi masyarakat yang terkena razia kendaraan bermotor. Karena kebijakan ditujukan untuk meningkatkan kepatuhan wajib pajak yang mempunyai kesadaran. Sehingga melakukan pembayaran PKB dan BBN-KB.

Kesadaran masyarakat dalam membayar PKB mengalami peningkatan dari hasil razia tahap lalu tetapi tunggakan PKB dirasakan masih cukup tinggi.

Untuk itu, diharapkan para pemilik kendaraan dapat segera membayar PKB-nya. Dan bagi yang belum melakukan balik nama kendaraan maka lakukanlah di kantor Samsat terdekat.

Gubernur menginstruksikan agar BPRD DKI Jakarta dapat terus melakukan operasi gabungan bersama Ditlantas Polda Metro Jaya. Dan melakukan operasi door to door bagi penunggak pajak kendaraan mewah. Sekaligus melakukan pengecekan data di lapangan dengan menggunakan aplikasi khusus.

LEAVE A REPLY