Apa Saja Perbedaan All New Rush Dan All New Terios

1
perbedaan all new rush dan all new terios

ROCKOMOTIF, Jakarta – Duet SUV kembar milik Daihatsu dan Toyota sudah meluncur untuk pasar Indonesia pada Kamis (23/11) kemarin. Meski keduanya belum menyebut harga resmi, tapi dari sisi desain dan fitur keduanya memiliki perbedaan yang sangat signifikan dari model sebelumnya.

Rockomotif mencoba untuk mengupas apa saja perbedaan dari Rush dan Terios baru ini. Waktu 11 tahun dibutuhkan Daihatsu dan Toyota untuk menghadirkan generasi baru SUV ini. Tentunya mereka memiliki perencanaan yang sangat matang.

Secara keseluruhan, bodi kedua mobil ini memang berubah, lebih panjang 230 mm. Untuk dimensinya, baik Rush dan Terios memiliki ukuran panjang 3.435 mm, lebar 1.695 mm dan tinggi 1.705 mm.

Dari sisi ekterior Rush dan Terios sekilas tidak memiliki perbedaan yang signifikan, sama seperti kedua model sebelumnya. Namun jika Anda jeli, ada beberapa perbedaan antara Rush dan Terios baru ini.

Baca Juga: Harga All New Terios dan All New Rush Masih Suram

Berbeda Ornamen dan Akesosris

Baik Rush dan Terios dipasarkan dalam dua varian. Untuk Rush ada tipe G dan TRD Sportivo. Sedangkan Terios secara garis besar, ada pilihan X dan R, Selain logo di depan yang berbeda, Rush dan Terios ini memiliki ornamen yang berbeda pada grill. Rush lebih menekankan aksen krom berwarna gelap, sementara Terios aksen krom yang mengkilat terang.

Begitu juga pada foglamp, Rush memilih aksen warna hitam di sekeliling foglamp, sementara Terios menggunakan warna silver. Pada versi TRD, Rush bahkan menambahkan otot plastik yang lebih tebal.

Pelindung bumper alias underguard, pada Rush TRD terlihat lebih kekar dengan sedikit aksen merah khas TRD. Sementara Terios lagi-lagi memilih warna terang (silver). Desain underguard ini pun sedikit berbeda antara Rush dengan Terios, meski tidak signifikan.

Lalu lampu depan, Rush dan Terios sudah dibekali dengan lampu LED yang sudah menyala otomatis. Jika Rush sudah tersedia di semua varian, tapi Terios hanya di varian R saja. Tapi Rush sudah memiiki auto levelling untuk mengatur ketinggian lampu secara otomatis, sedangkan Terios tidak menyebutkan fitur ini di brosurnya.

Di bagian atap, keduanya sudah dibekali roof rail. Pada velg, Terios dan Rush sama-sama terdapat dua pilihan. Pada varian tertinggi menggunakan ring ukuran 17 inci, sedangkan varian bawah 16 inci.

Di sisi samping, Rush TRD juga sudah mendapat tambahan plastik hitam pada pintu depan dan baris kedua. Sementara di bagian belakang, lampunya sudah LED baik Rush dan Terios. Hanya saja, Rush memilih aksen pemisah lampu belakang dengan warna senada bodi, Terios lebih memilih warna hitam.

Underguard belakang pun memiliki desain berbeda, Rush TRD diberi aksen garis merah seperti pada underguard depannya. Tidak ada lagi ban serep di belakang, karena menurut mereka hal ini sesuai dengan tren SUV global masa kini. Posisi ban cadangan pun kini berada di bawah bagasi belakang, seperti Avanza/Xenia.

Beda Fitur

Masuk ke dalam kabin, ada perbedaan yang sebenarnya tidak terlalu terasa. Rush tipe tertinggi memiliki lapisan empuk di bagian yang berwarna krem. Sementara Daihatsu tetap yakin dengan bahan plastik keras di semua bagian dashboardnya.

Keduanya juga sudah dibekali dengan fitur kekinian, yaitu smart entry dan start/stop button di tipe tertingginya. Sehingga  memudahkan pemiliknya untuk mengakses mobil dan juga menyalakan mesin dengan satu sentuhan saja.

Pada lingkar kemudi juga sudah tersedia tombol audio, hanya saja Rush ada di semua tipe sementara Terios pada tipe R saja. Panel AC pun juga sudah mengadopsi teknologi digital baik Rush dan Terios di tipe atas.

Yang paling berbeda ada di sektor keselamatan, jika Rush TRD memiliki 6 buah airbag sedang Terios hanya ada dua sebagai pendukung keselamatannya. Sementara vehicle stability control (VSC) dan hill start assist (HSA) tersedia untuk semua varian Rush. Pada Terios hanya untuk varian atas R saja.

Terios memiliki keunggulan dengan adanya kamera 360 di varian tertingginya, sementara Rush hanya kamera mundur biasa di semua tipe. Tapi Terios tidak memiliki 7 indikator sabuk pengaman yang ada di dashboard Rush baru.

Keduanya memiliki fitur emergency stop signal (ESS), tapi Rush ada di semua tipe sedangkan Terios hanya di varian R saja. ABS dan EBD tersedia untuk semua tipe baik pada Rush maupun Terios.

Dari sisi hiburan, layar sentuh 7 inci menjadi standar pada Rush dan Terios baru ini. Hanya saja Toyota membekali sistem audio yang lebih canggih dengan fitur weblink untuk akses ke navigasi digital Waze. Rush TRD juga sudah dilengkapi dengan 8 speaker, sementara Terios hanya 6 speaker di semua tipenya.

Power outlet pun kini tersedia untuk penumpang depan hingga baris ketiga, hanya saja pada tipe Rush TRD dan Terios R.

Mesin dan Transmisi Sama

Mesin dan transmisi keduanya sama-sama menggendong mesin baru 2NR-VE 1.5 liter DOHC berteknologi dual VVTi dengan pilihan transmisi manual 5-speed atau otomatis 4-speed.

Sekarang tinggal menunggu harga resmi saja yang baru akan diumumkan pada Januari tahun depan.  Tapi kalau ada yang mau pesan sudah bisa di diler-diler Toyota maupun Daihatsu.

Hanya saja untuk pengiriman unit pun baru akan dilakukan pada Januari tahun depan. Itu juga hanya 1.000 unit pertama. Sisanya ya mohon bersabar.

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY