Ini Teaser Toyota Rush Dan Daihatsu Terios Baru, Mirip Sama Fortuner Nggak?

0
teaser rush terios baru
Siluet depan Toyota Rush generasi terbaru. Sekilas mirip Fortuner ya?
suzukiertigahybrid

ROCKOMOTIF, Jakarta – Munculnya teaser siluet keduanya di iklan media cetak menjadi pertanda semakin dekat lahirnya LSUV generasi baru milik Daihatsu dan Toyota ini. Menandakan generasi terbaru Daihatsu Terios dan kembarannya Toyota Rush tinggal menghitung hari.

Seperti yang sudah kami beberkan dalam artikel sebelumnya tentang fitur-fitur baru Toyota Rush, kini Daihatsu Terios pun menampakkan siluet sisi sampingnya. Sementara Toyota Rush lebih percaya diri karena tampilkan siluet tampak depannya yang cukup jelas.

Siluet Daihatsu Terios generasi kedua
Siluet Daihatsu Terios generasi kedua hanya dari samping

Terlihat jelas bodi SUV baru ini lebih panjang sedikit dari generasi sebelumnya, bocorannya sekitar 17 cm lebih panjang dari yang dulu. Adanya roof rail masih menekankan jika ini adalah sebuah SUV. Rush/Terios generasi kedua ini tampil jauh lebih modern dari generasi sebelumnya. “Konde” yang dulu menjadi identitas sebuah SUV pun ditanggalkan.

Jika melihat tampilan depan Rush, adanya DRL dan bentuk gril depan membuatnya terlihat seperti Fortuner “kecil”. Memang banyak yang menyebutnya sebagai “baby Fortuner”.

Menurut bocorannya, lampu depan Rush ini juga sudah dibekali dengan Bi Beam LED Proyektor sama seperti Fortuner. Bukan tidak mungkin Daihatsu Terios pun punya lampu depan yang sama. Lampu belakangnya juga desainnya horizontal seperti Fortuner dan sudah LED.

Tapi seperti yang sudah terjadi, Daihatsu pasti mendapat spesifikasi yang lebih rendah dari Toyota. Hanya karena persoalan brand image di Indonesia, padahal yang produksi mobilnya di pabrik Daihatsu. Sama seperti Avanza dan Xenia, Agya dan Alya, sampai Calya dan Sigra.

Tapi itu urusan internal mereka, buat konsumen yang pasti semakin banyak pilihan di segmen ini. Paling tidak Xpander dan BR-V akan mendapat lawan yang setimpal. Bisa-bisa malah Wuling nanti yang paling terpuruk.

Sekarang bocoran dari sisi mesin, kabarnya baik Rush dan Terios lama menggendong mesin 1.5 liter VVTi. Nah untuk generasi baru ini kapasitasnya masih sama tapi sudha berteknologi Dual VVTi, meskipun tidak terlalu pengaruh juga sih.

Paling tidak mesinnya baru, 2NR. Sama seperti mesin Sienta, Yaris, dan juga Veloz. Transmisinya masih otomatis 4-speed dan ada transmisi manual 5-speed juga.

Yang paling heboh sih Fiturnya juga gak main-main. Sekarang Rush baru ini sudah dilengkapi dengan teknologi Vehicle Stability Control dan juga Hill Start Assist. Kalau untuk Terios mungkin juga ada fitur ini di tipe tertingginya. Mudah-mudahan ya.

6 Airbag Untuk Rush

Beralih ke interiornya, meskipun belum ada gambar yang jelas, tapi kami sudah pernah melihat bocoran kabinnya. Sayangnya tidak boleh diabadikan oleh kamera kami. Untuk Rush nanti akan memadukan nuansa mewah dan sporty menjadi satu. Desain kabin yang luas berkat tata letak dashboard juga memberikan pandangan ke luar yang lapang.

Bahkan sepertinya di tipe tertinggi sudah dilengkapi dengan jok kulit. Layar hiburan pun sudah menganut layar sentuh kekinian, sepertinya ukurannya 7 inci. Kayanya sih mirip sama yang ada di Yaris sama Sienta. Speakernya juga ada 8 buah. Panel AC sudah digital, modern banget kan? Lingkar kemudi juga sudah dilengkapi dengan audio steering switch dengan fungsi telepon.

Yang bikin kaget adalah banyaknya airbag yang ada di Rush baru ini. Kalau kata tenaga penjual Toyota sih ada 6 buah airbag. Jika kompetitornya hanya punya dua di bagian depan, tapi Rush generasi kedua nanti akan ada side dan curtain airbag juga. Makin aman dong?

Tinggal berapa harga yang pantas untuk kedua SUV ini? Akan ada pilihan tipe G untuk yang terendah dan tipe TRD Sportivo untuk yang tertinggi. Menurut perkiraan kami untuk tipe terendah mungkin akan dimulai dengan harga Rp 250 jutaan.

Dan tipe tertinggi yang memiliki semua fitur di atas, kami taksir harganya akan menyentuh angka Rp 300 jutaan. Bahkan bisa juga lebih mahal alias di atas Rp 300 juta.

Dan kalau jadi meluncur akhir November ini, paling cepat konsumen bisa dapat unitnya di awal Tahun. Itu juga kalau indennya sedikit. Jadi kalau mau inden dari sekarang, sambangi saja dealer terdekat. Katanya sih cuma kasih uang tanda jadi Rp 10 juta aja kok.

 

suzukiertigahybrid

LEAVE A REPLY