Review Honda CR-V 1.5L Turbo, Lincah Mendaki Gunung Bromo

0
suv
suzukiertigahybrid

ROCKOMOTIF, Jawa Timur – Sejatinya sebuah mobil Sport Utility Vehicle (SUV) memang digunakan untuk berpetualang menjelajah alam. Inilah yang ingin kami buktikan saat  menguji ketangguhan SUV terbaru Honda CR-V Turbo.

Menjelajah kawasan Gunung Bromo di Jawa Timur pun menjadi santapan bagi SUV terbaru Honda ini. Generasi kelima Honda CR-V kini dibekali mesin baru berkapasitas 1.5 liter dengan teknologi turbo yang dipadukan dengan transmisi CVT.

Menurut Honda, respon yang sangat positif diterima mereka untuk Honda CR-V generasi terbaru ini. Honda Prospect Motor (HPM) sendiri masih menggunakan harga seperti di IIMS 2017 lalu. Yaitu untuk Honda CR-V 2.0L dijual seharga Rp 432 juta, lalu Honda CR-V 1.5L Turbo di harga Rp 466 juta.

Dan tipe tertinggi yang menjadi mobil tes kami kali ini, Honda CR-V 1.5 L Turbo Prestige dengan harga Rp 506 juta.

Dimensi Lebih Lebar

Perjalanan diawali dari kota Malang menuju kawasan Gunung Bromo dengan terlebih dahulu mampir di kawasan wisata Coban Rondo. Jalur yang didominasi oleh jalanan sempit ini dengan mudah dilalui oleh SUV yang kini memiliki dimensi lebih lebar dari generasi sebelumnya.

Saat melaju di jalan raya pun Honda CR-V terbaru ini juga membuat semua orang meliriknya. Berkat karakter SUV yang kini lebih tegas dengan desain lampu depan baru full LED dan DRL. Bagian belakangnya juga tampak mewah berkat lampu LED yang modern. Desain velg 18 inci yang baru juga membuatnya semakin sporty.

Fitur hiburan di dalam kabin pun kini lebih memanjakan konsumen, dengan layar sentuh 9″ yang memiliki fungsi mirroring dengan iPhone maupun Android, sistem navigasi, lalu multi angle rear view kamera serta nanoe technology yang dapat menjaga kualitas udara di dalam kabin. Ditambah dengan desain interior baru yang semakin elegan dan juga meter cluster canggih semakin menambah nikmat berkendara.

Honda CR-V Turbo ini sudah dilengkapi dengan kursi baris ketiga. Meskipun dimensinya kini bertambah lebar, tapi jika orang dewasa duduk di baris ketiga akan cukup sempit. Baris ketiganya kami sarankan hanya diisi oleh anak-anak saja. Terutama jika menempuh perjalanan jauh.

Mesin Kecil Tapi Bertenaga

Tapi kekuatan sesungguhnya berada di jantung pacunya. Mesin 1.5 liter turbo mampu menghembuskan tenaga 190 PS pada 5.600 rpm dengan torsi 240 Nm yang sudah bekerja di putaran mesin 2.000 hingga 5.000 rpm.

Saat memasuki kawasan Gunung Bromo yang dominan dengan tanjakan terjal, terbukti mesin yang lebih kecil ini tidak mengalami kesulitan sama sekali. Bahkan saat disiksa di kawasan kawah pasir, mesin turbonya sama sekali tidak perlu bersusah payah.

Tenaganya konstan mengalir sejak putaran mesin rendah. Saat dipacu maksimal pun terasa tenaganya terus terisi hingga putaran tinggi. Meliuk-liuk di jalur pegunungan yang sempit dan terjal bukan halangan bagi SUV Honda ini, meski tubuhnya kini bertambah besar. Hanya sedikit kompromi pada pengendalian jika dibandingkan dengan pendahulunya.

Baca Juga: Ini Dia Raja Honda Jazz & Brio Tuning Contest 2017

Ditambah dengan adanya fitur auto brake hold yang memudahkan saat harus berhenti di tanjakan, kami tetap dapat mengistirahatkan kaki dari pedal rem. Tinggal tekan pedal gas lagi mobil langsung melaju mulus.

Fitur vehicle stability assist (VSA) berfungsi dengan baik mengendalikan mobil agar tetap stabil saat memasuki area yang terkenal di Bromo, yaitu Pasir Berbisik dan Bukit Teletubbies. Tidak Sementara panoramic roof menambah sensasi berkendara di pegunungan Bromo yang sejuk.

Sabar Menunggu

Sayangnya jika Anda berminat dengan Honda CR-V terbaru ini harus sedikit bersabar untuk memilikinya. Sebab, untuk beberapa varian dan warna tertentu harus inden satu sampai dua bulan.

“Varian terbanyak yang dipesan konsumen sekitar 80-90% didominasi pesanan versi 1.5L Turbo 7-seater atau tipe tertingginya, Turbo Prestige. Untuk warna yang paling laris itu putih,” jelas Jonfis Fandy, Direktur Pemasaran dan Layanan Purnajual HPM, di sela acara Media Test Drive All New Honda CR-V 1.5L Turbo di Malang, Jawa Timur, Kamis (20/7/2017).

Jonfis juga menambahkan, inden yang terjadi ini juga tergantung wilayah dan dilernya. Secara umum varian paling tinggi CR-V yang memang laris, tren penjualan Honda untuk model baru memang seperti itu. Tapi kita akan secepatnya memenuhi seluruh permintaan konsumen sehingga tidak menunggu terlalu lama.

“CR-V ini kan sudah kita produksi di sini (Indonesia), jadi tidak akan ada masalah dan segera kita penuhi dalam waktu dekat ini,” tutupnya.

Spesifikasi Honda CR-V 1.5L Turbo Prestige

Harga Rp 506 juta (OTR Jakarta)

Mesin 1.5L DOHC 4 Silinder Segaris, 16 Katup VTEC Turbo + DBW

Transmisi CVT

tenaga 190 PS @5.600 rpm

Torsi 240 NM @ 2.000-5.000 rpm

Dimensi 4.584mm x 1.855mm x 1.679mm

Jarak Sumbu roda 2.660mm

Ban 235 / 60 R18

suzukiertigahybrid

LEAVE A REPLY