Satu Lagi Mobil China Bikin Pabrik Di Indonesia

0
pabrik sokon
suzukiertigahybrid

ROCKOMOTIF, Serang – Kehadiran Wuling Motors di Indonesia ternyata membuat pabrikan mobil asal China lainnya tertarik. Kini, giliran Sokon yang meresmikan pabriknya di Tanah Air.

Pabrik baru PT Sokonindo Automobile ini sudah direncanakan sejak tahun 2014 silam. Baru tahun 2015, mereka mulai pembangunannya. Pada Mei 2017 ini pabrik yang berlokasi di Cikande, Serang, Banten ini mulai beroperasi. Tapi baru diresmikan pada hari ini (28/11) oleh Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto.

Pabrik seluas 20 hektar ini berlokasi di Kawasan Industri Modern Cikande dan sudah memproduksi kendaraan niaga ringan SuperCab serta SUV. Mobil pick-up ini sudah diluncurkan di ajang GIIAS 2017 lalu.

Menurut Alexander Barus Co-CEO Sokonindo Automobile pembangunan pabrik ini menelan nilai investasi sebesar USD 150 juta.

“Rencananya investasi kami ini masih akan terus bertambah hingga USD 300 juta. Terutama jika nanti kami membuka fasilitas perakitan mesin,” ujar Alexander saat peresmian pabrik Sokonindo di Cikande, Serang (28/11).

Pabrik Sokonindo ini merupakan usaha gabungan antara Sokon Group Limited Hongkong dengan PT Kaisar Motorindo Industri.

Proses produksi kendaraan di pabrik ini meliputi stamping, welding, painting, assembling, dan quality control.

Untuk tahap awal, pabrik ini mampu memproduksi sebanyak 2.000 unit per tahun. Tapi nantinya kapasitas produksinya bisa mencapai 50 ribu unit per tahun.

““Tahap awal memang masih satu shift. Kita berharap di awal 2019 bisa tiga shift. Dengan begitu total karyawannya akan mencapai 2 ribu,” jelas Alexander.

Sokonindo Automobile ini sudah menerapkan Industry 4.0 ke dalam pabrik baru mereka ini. Di mana banyak menggunakan peralatan canggih termasuk robotik.

Menurut Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto tidak benar jika smart factory atau Industry 4.0 akan mengurangi jumlah tenaga kerja. “Buktinya pabrik Sokon ini tetap mempekerjakan tenaga kerja Indonesia.”

Saat ini Sokonindo Automobile memiliki 376 karyawan Indonesia. Dan 39 karyawan asing yang berasal dari Tiongkok.

Pabrikan China ini menargetkan jika nantinya komposisi karyawan mereka bisa mencapai 95 persen tenaga kerja dari Indonesia.

Memproduksi SUV 7 Seater

Sokonindo sudah memperkenalkan kendaraan komersial yaitu pick up SuperCab sejak pertengahan tahun 2017.

Dan di ajang GIIAS kemarin, Sokonindo juga sudah menghadirkan SUV mereka, Glory 580. Meskipun saat GIIAS, Glory 580 ini masih berstatus prototipe karena masih setir kiri.

Keduanya kini sudah diproduksi di pabrik baru ini. Dan Glory 580 ini menjadi SUV setir kanan berkapasitas 7 penumpang yang pertama diproduksi di Indonesia oleh Sokon.

Alexander juga menambahkan nantinya mereka akan mengusahakan konten lokal bisa sampai 80%. “Nanti tinggal hanya mesin saja yang masih impor, selebihnya sudah kerjasama dengan mitra lokal kami.”

Nantinya mobil hasil produksi di pabrik ini tidak hanya dijual di dalam negeri saja. Tapi juga akan diekspor ke kawasan Asia Tenggara dan pasar mancanegara lainnya.

Selain memproduksi SUV dan kendaraan niaga ringan, nantinya pabrik ini juga akan mampu memproduksi MPV.

suzukiertigahybrid

LEAVE A REPLY