Agar Daya Saing Kuat, TMMIN Transfer Keterampilan ke Pemasok

0
TMMIN

ROCKOMOTIF, Karawang – PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) merayakan seremoni berakhirnya pelaksanaan Toyota Production System (TPS) Jishuken yang ke-10 di Karawang.

TPS Jishuken merupakan sebuah program yang bertujuan transfer keahlian dan ketrampilan dari Toyota, kepada para pemasok. Sebagai upaya konsisten Toyota untuk terus memperkuat daya saing rantai suplai industri otomotif.

“Toyota Indonesia berkomitmen untuk terus-menerus berupaya menambah kontribusi kepada bangsa Indonesia melalui peningkatan daya saing bisnis. Salah satu strategi penting untuk mencapainya adalah dengan membangun kapabilitas dan Sumber Daya Manusia (SDM) di perusahaan-perusahaan rantai pasok kami,” ujar Warih Andang Tjahjono, Presiden Direktur TMMIN.

Transfer Ilmu Jishuken

Istilah Jishuken diambil dari 2 kata dalam bahasa Jepang, yaitu Jishu dan Kenkyu yang berarti self-independent investigation. Atau kemampuan untuk melakukan investigasi permasalahan dan membuat rencana serta aktivitas perbaikannya secara mandiri.

Jishuken merupakan salah satu bentuk pelatihan untuk menjamin proses transfer ketrampilan. Serta peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) kepada seluruh pemasok lokal.

Untuk mengawal pelaksanaan transfer ketrampilan kepada seluruh pemasok lokal, pada 2006 TMMIN membentuk sebuah divisi yaitu Operations Management Development Division (OMDD). Yang bertanggung jawab penuh terhadap keberhasilan aktivitas peningkatan daya saing pada rantai suplai grup Toyota (Toyota, Daihatsu dan Hino).

TPS Jishuken merupakan salah satu aktivitas rutin dengan durasi satu tahun dari OMDD yang melibatkan perusahaan pemasok dan telah diselenggarakan sebanyak 10 kali sejak 2007.

Sepanjang perhelatannya dari 2007 hingga 2014, sekitar 100 perusahaan pemasok tier 1 telah terlibat dalam proses awal pengenalan konsep TPS. Sejak 2016, konsep baru diterapkan oleh TMMIN dengan fokus pada pembentukan TPS Leader dan Jishuken Director.

Melibatkan 18 perusahaan dan meningkat menjadi 20 perusahaan pada perhelatan tahun ini. Nantinya TPS Leader dan Jishuken Director bertugas untuk menularkan ilmu TPS di internal.

Sehingga muncul efek domino transfer ketrampilan dan pengetahuan ke seluruh rantai pemasok. Saat ini sudah terbentuk 14 orang TPS Leader sesuai dengan standar Toyota. Ke depannya hingga 2020 TMMIN berencana untuk meningkatkan jumlah partisipan menjadi 80 perusahaan pemasok tier 1 dengan target TPS Leader sebanyak 40 orang.

“Peningkatan daya saing menjadi kunci utama untuk menjawab tantangan era pasar global saat ini. Toyota juga akan mengisi peluang di era ini dengan upaya-upaya untuk menjadi basis rantai suplai global. Salah satunya melalui kegiatan yang fokus pada peningkatan ketrampilan dan pemahaman mengenai Toyota Production System. Pada karyawan di rantai pemasok sebagai upaya menyelaraskan keterampilan berstandar global,” ungkap Edward Otto Kanter, Wakil Presiden Direktur TMMIN.

SHARE

LEAVE A REPLY