Total Oil Edukasi Ratusan Mahasiswa Unpad

0
SuzukiGIIAS

ROCKOMOTIF, Bandung – PT Total Oil Indonesia kembali menggelar kegiatan sosialisasi safe riding. Dan kali ini, sekitar seratus mahasiswa di Universitas Padjadjaran Bandung yang menjadi audiensnya.

Kegiatan ini merupakan salah satu dari rangkaian kampanye ‘Safe Riding with Total Hi-Perf’ yang digelar produsen pelumas asal Perancis tersebut di empat kota.

Tahun 2017 adalah tahun ketiga PT Total Oil Indonesia menghelat rangkaian kampanye edukatif ini. Setelah selama dua tahun pelaksanaannya di Jakarta, dengan menyasar para siswa-siswi SMU. Tahun ini event ini merambah berbagai kampus di Jawa Barat dan Jawa Tengah.

Secara keseluruhan ada enam titik yang ditargetkan. Yaitu Universitas Padjadjaran dan Universitas Pendidikan Indonesia di Bandung. Universitas Diponegoro dan Universitas Soegijapranata di Semarang, Universitas Sebelas Maret di Surakarta. Dan terakhir di Universitas Swadaya Gunung Jati, Cirebon.

Acara dibuka oleh Kepala Dinas Perhubungan Kota Bandung, Didi Riswandi, yang mewakili Walikota Bandung, Ridwan Kamil. Ada 3 pesan utama yang disampaikan oleh Walikota Bandung terkait penyelenggaraan kegiatan ini.

Pertama adalah pentingnya membangun culture set terkait keselamatan berkendara sejak usia dini atau golden age.

Kedua mengenai penggunaan pendekatan dan media yang populer di kalangan muda, mengingat 40% penduduk kota Bandung berusia di bawah 40 tahun. Penggunaan media sosial atau video mengenai konten keselamatan akan lebih mudah diterima oleh kaum muda.

“Terakhir adalah pentingnya keberadaan fasilitas keselamatan, seperti trotoar atau lainnya, di ruang-ruang publik di kampus. Agar edukasi terkait keselematan berkendara ini tidak berhenti di ruang kelas,” ujar Didi.

Christopher Kasidi, VP – Retail & Marketing PT Total Oil Indonesia, menuturkan bahwa pihaknya berkomitmen untuk melakukan edukasi keselamatan kepada masyarakat. Karena itulah, lanjut Christopher, setiap tahun pihaknya menyelenggarakan “Safe Riding with Total Hi-Perf” di berbagai sekolah dan kampus. Untuk mengajak kaum muda untuk berkendara dengan aman.

“Bila sebelumnya kegiatan ini kami fokuskan di Jakarta dan sekitarnya, tahun ini kami mengadakan event di enam titik di empat kota di Jawa Barat dan Jawa Tengah. Agar kampanye ini dapat menjangkau lebih banyak lagi pengendara motor di Indonesia,” jelas Christopher, dalam siaran resminya, Jumat (1/12).

Tantangan SIM Total

Di setiap kegiatan, peserta dibekali ilmu seputar cara berkendara yang baik dan benar serta sosialisasi tata tertib lalu lintas. Selain itu, para mahasiswa juga diajak ikut serta dalam kegiatan Tantangan SIM Total.

Sebuah permainan daring yang menantang peserta akan pengetahuan berkendara dengan memanfaatkan materi ujian tertulis SIM sebagai soal. Tantangan ini juga berlaku bagi peserta yang sudah memiliki SIM.

Magdalena Naibaho, Brand Manager PT Total Oil Indonesia berharap kegiatan ini dapat memberi manfaat bukan saja bagi peserta yang hadir. Tetapi juga pengaruh yang lebih baik terhadap perilaku berkendara para pengguna kendaraan.

“Manfaat kegiatan ini sebaiknya tidak berhenti di tempat ini, tetapi dapat disebarluaskan pula oleh para peserta kepada teman dan keluarga mereka. Kita perlu menularkan kewaspadaan dan semangat berkendara dengan aman ke seluruh pengguna jalan di Indonesia,” tutup Magdalena.

SuzukiGIIAS
SHARE

LEAVE A REPLY