Wuling Cortez Andalkan Fitur Komplit, Siap Sikut Kijang Innova

0
wuling cortez
Wuling Cortez dengan fitur komplit siap menggoyang Kijang Innova
suzukiertigahybrid

ROCKOMOTIF, Bogor – Wuling Motors resmi memperkenalkan MPV barunya Cortez di Sentul, Bogor pada Senin (18/12). MPV China ini siap menghadang laju Toyota Kijang Innova di Indonesia.

Wuling membekali Cortez dengan segudang fitur yang jauh melebihi pesaing-pesaingnya, bahkan Innova sekalipun. Meskipun Wuling masih dalam tahap sekedar memperkenalkan kepada publik, tapi pabrikan China ini sudah siap dengan segala urusan layanan after sales.

Paling tidak, Wuling sudah siap dengan 50 diler di seluruh Indonesia. Wuling memang belajar dari MPV sebelumnya, Confero yang diposisikan untuk masuk di segmen low MPV sekelas Avanza, Mobilio, Ertiga hingga Xpander.

Wuling Cortez ini memiliki konfigurasi 7 penumpang dengan bangku baris kedua captain seat. Tampilannya cukup pantas melawan Innova dengan kedua lampu sudah menganut teknologi full LED.

Lampu depan dilengkapi juga dengan DRL, sementara di belakang tersedia juga lampu foglamp, meskipun tidak berguna di Indonesia.

Baca Juga: Seberapa Irit Hasil Konsumsi BBM Mitsubishi Xpander

Fitur Mobil Jaman Now

Lanjut ke dalam kabin, adanya electric sunroof membuat Cortez setingkat lebih canggih dari kompetitornya. Lalu ada juga fitur AC digital dan rem parkir electric. Canggih kan?

Tidak itu saja, Wuling juga membekali Cortez dengan layar hiburan 8 inci touchscreen dengan fitur mirroring, bluetooth dan navigasi. Lingkar kemudi juga dilengkapi dengan audio steering switch.

Oh iya, jok pengemudinya juga sudah electric. Gokil kurang lengkap apa nih mobil China. Layar MID nya juga memiliki fitur untuk memonitor tekanan udara ban atau tyre pressure monitoring system (TPMS). Yang ini juga nggak ada di kompetitornya kan?

Lanjut, Cortez juga sudah memiliki soket power outlet di tiap baris joknya. Uniknya power outlet ini sudah USB bukan lagi model lighter.

Baca Juga: Inilah 5 Hal Yang Perlu Diketahui Dari Wuling Insurance

Tranmsisi dan Mesin Jaman Old

Sayangnya mesin Cortez hanya 1.800cc, sedikit di bawah Innova yang mesin bensinnya menggunakan 2.000cc. Tenaga yang dihasilkan mencapai 129 hp dan torsi 174 Nm.

Mesin yang sepertinya sama dengan Chevrolet Orlando ini dipadukan dengan pilihan transmisi manual 6-speed dan otomatis 5-speed. Akhirnya Wuling punya pilihan transmisi otomatis yang berguna di kota-kota besar.

Tapi ini bukan transmisi otomatis sejati, karena sebetulnya transmisinya intelligent automated mechanical transmision (i-AMT). Ya sama kaya mobil Suzuki yang suka dengan pilihan transmisi ini. Hanya saja di Cortez ada pilihan Eco dan Sport.

Silahkan Anda coba sendiri seperti apa akselerasinya dengan transmisi AMT ini ya.

Fitur Juga Jaman Now

Wuling Cortez juga masih sarat akan fitur keselamatan. Seperti Electronic Stability Control, terus ada fitur Automatic Vehicle Holding yang mirip fitur Hold pada mobil Honda CR-V. Lalu ada juga Hill Hold Control, ya mirip seperti hill start assist lah.

Sensor parkir tersedia di bagian depan dan belakang. Untuk airbag ada empat, dua di depan dan dua di samping. Piranti pengeremannya juga sudah ABS, EBD, dan Brake Assist. Oh iya, kamera mundur juga standar di Cortez ini.

Lalu segudang fitur ini apakah mampu membuat Wuling menggeser Innova dari singgasananya? Tampaknya ini menjadi pekerjaan rumah yang berat bagi Wuling.

Bukan saja masalah promosi yang besar, tapi juga bagaimana meyakinkan masyarakat Indonesia untuk percaya dengan produk China, khususnya mobil.

Yang jelas, Wuling Cortez ini akan membuat segmen MPV di kelas Innova menjadi bertambah. Untuk harganya harap bersabar tahun depan ya, tapi kayanya sih kisarannya di Rp 200 jutaan. Mau beli mobil keluarga ini?

suzukiertigahybrid

LEAVE A REPLY