Mobil Listrik dan Hybrid Terjual Lebih Banyak Dari Mobil Biasa di Norwegia

0
mobil listrik dan hybrid
SuzukiGIIAS

ROCKOMOTIF, Norwegia – Mobil listrik dan hybrid semakin menunjukkan popularitasnya di Benua Biru. Buktinya di Norwegia, penjualan mobil listrik dan hybrid sudah menguasai lebih dari setengah dari total penjualan mobil baru tahun 2017.

Berdasarkan laporan Reuters, mobil listrik dan hybrid tercatat mencapai penjualan sebanyak 52 persen di Norwegia, naik 12 persen dari tahun 2016. Hal ini berkat insentif yang sangat besar dari pemerintah Norwegia bagi para pembeli mobil listrik.

Termasuk dalam insentif tersebut adalah beberapa macam pengurangan pajak, gratis melintas di banyak jalan tol, ferry, Kemudian fasilitas gratis parkir dan juga fasilitas charging secara cuma-cuma.

Menurut Norwegian Road Federation (OFV) chief Oeyvind Solberg Thorsen, untuk pertama kalinya penjualan mobil mesin konvensional berada di bawah 50 persen. “Hal ini terjadi lebih cepat dari perkiraan kami. Dan pabrikan mobil besar mengatakan jika mereka akan sangat serius dalam memproduksi mobil yang ramah lingkungan.”

Baca Juga: Mercedes-Benz C-Class Baru Akan Punya Mesin Diesel Hybrid

Unggul Jauh Dari Negara Lain

Mobil listrik dan hybrid yang paling banyak terjual di Norwegia ini adalah Volkswagen GOlf, BMW i3, Toyota Rav4, dan Tesla Model X. Hanya Tesla yang murni mobil listrik, sementara yang lainnya punya pilihan listrik dan hybrid.

Menurut International Energy Agency (IEA), penjualan mobil listrik murni di Norwegia mencapai 39 persen dari total pasar otomotif. Hal ini tidak termasuk mobil hybrid dengan motor listrik kecil tanpa fitur plug-in charging.

Hal ini membuat Norwegia unggul jauh dalam hal penjualan mobil ramah lingkungan dari negara-negara lain. Bahkan Belanda yang menempati posisi kedua hanya mampu mencatat 6,4 persen penjualan mobil listrik dari total seluruh mobil yang terjual.

Baca Juga: Hal Penting Yang Anda Harus Ketahui Tentang Mobil Hybrid

SuzukiGIIAS

LEAVE A REPLY