Ini Buku Perjalanan Sejarah Balap Indonesia Dari Tahun 1960

0
buku sejarah balap indonesia

ROCKOMOTIF, Jakarta – PT Pertamina Lubricants, anak perusahaan PT Pertamina (persero) meluncurkan sebuah pictorial book berjudul ‘Catatan Emas Dunia Balap Indonesia’. Di dalam buku setebal 116 halaman tersebut berisikan rekam jejak sejarah dunia balap Indonesia, sejak periode 1960 hingga 2016.

Selain itu, buku hasil kolaborasi percetakan dari Tabloid Otomotif Kompas Gramedia ini juga menceritakan kontribusi dan dukungan Pertamina. Khususnya pelumas Pertamina dalam pentas olahraga otomotif atau balapan.

Menurut Andira Nusa, ujar Direktur Penjualan & Pemasaran PT Pertamina Lubricants, dengan diterbitkannya buku tersebut merupakan mimpi Pertamina dan juga seluruh pembalap Indonesia.

“Mereka kami ibaratkan sebagai pahlawan di dunia balap. Banyak cerita, suka dan duka, prestasi serta momen-momen penting sejarah balap dunia. Yang masih minim diketahui atau diapresiasi oleh masyarakat,” ujar Andria disela-sela peluncuran buku di Jakarta, Jumat (29/1) lalu.

Baca Juga: Mengintip Spesifikasi Motor Kustom Yang Dibeli Presiden Jokowi

Ia pun mengakui masih banyak cerita yang tak terekspos luas dan banyak pionir dunia balap nasional yang patut dihargai dan dikenang semasa jayanya.

“Selain untuk mendukung dunia balap Indonesia, diharapkan melalui buku ini dapat mengangkat sejarah panjang perjuangan para legenda balap Indonesia yang sebelumnya tidak terpublikasikan secara umum,” tambah Andria.

Tidak Dijual Bebas

Pada malam peluncuran itu turut pula dihadiri beberapa mantan pembalap Tanah Air dan yang masih berkarir di ajang tersebut. Seperti Dolly Indra Nasution, Helmy Sungkar, serta Rifat Sungkar hingga Rizal Sungkar.

Rifat pun didaulat untuk menandatangani giant dummy book sebagai bentuk peresmian buku yang tidak dijual-belikan bebas di pasaran.

Cukup diakui keterlibatan Pertamina dalam olahraga motorsport Tanah Air cukup mendukung kiprah pembalap di tingkat nasional, regional sampai internasional. Salah satu produk fenomenal yaitu Mesrania telah mewarnai berbagai kompetisi balap sejak era tahun 60an.

Terkini adalah Fastron, yang menyokong kiprah balap melalui Fastron World Rally Team dan menjadi Technical Partner supercar Lamborghini. Disini seluruh kejuaraan balap di Squadra Corse menggunakan perlumas Fastron Platinum Racing.

Paling istimewa yaitu dukungan Pertamina untuk Rio Haryanto di ajang balap Formula 1. Andria meyakini mendukung prestasi balap lebih dari sekedar membangun image dan brand, maupun program sponsorship.

“Tapi berfungsi sebagai platform efektif meningkatkan kemampuan teknologi dan manusia melalui penelitian pengembangan (R&D) produk pelumas Pertamina,” tutup Andria. (mth)

LEAVE A REPLY