Toyota Indonesia Tanam Pohon Sakura di Gunung Lawu

0
toyota indonesia
suzukiertigahybrid

ROCKOMOTIF, Karanganyar – Toyota Indonesia terus berkontribusi untuk menghijaukan Indonesia, kali ini dengan menanam 60 pohon Sakura di Gunung Lawu, Sabtu (27/1). Melalui program Toyota Forest, Toyota Indonesia membangun Bukit Taman Wisata di dusun Tlogodringo, Desa Gondosuli (Cemoro Kandang) Tawangmangu Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

Taman dan Bukit Sakura yang dibangun oleh Toyota Indonesia menjadi satu-satunya taman dan bukit Sakura di lereng Gunung Lawu Kabupaten Karanganyar. Dan ke depannya akan dikembangkan sebagai obyek wisata yang unik di Jawa Tengah.

Luas lahan perhutani yang ditujukan untuk bukit taman wisata ini seluas 1,2 hektar dari rencana total 5 hektar dalam 5 tahun. Selanjutnya hingga bulan Maret 2018, Toyota Indonesia akan menanam kembali 40 pohon sakura.

Toyota Indonesia bekerjasama dengan Perhutani, BPPTP DAS (Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan), LIPI (Kebon Raya Cibodas), dan Universitas Sebelas Maret. Artinya partisipasi aktif dari Akademi, Bisnis, Komunitas, dan Pemerintah turut dilibatkan dalam penanaman dan pembibitan sakura ini.

Baca Juga: Fitur-fitur ini Bikin All New Toyota Rush Layak Dibeli

“Tanaman Sakura merupakan tanda persahabatan yang sudah terjalin dengan baik selama 60 tahun antara Indonesia dan Jepang. Ke depannya, Bukit Taman Wisata Toyota diharapkan dapat berperan memberikan manfaat positif. Baik terhadap keanekaragaman ekosistem serta kualitas lingkungan dan kualitas hidup warga sekitar,“ ujar Warih Andang Tjahjono Presiden Direktur PT. TMMIN.

Diharapkan taman wisata sakura ini selain menambah keasrian kota Tawangmangu juga dapat dijadikan tempat wisata kebanggaan masyarakat sekitar.

Partisipasi Masyarakat Tawangmangu

Tawangmangu merupakan kawasan wisata alam pegunungan yang berada di dataran tinggi perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur. Kecamatan ini berada di lereng gunung lawu sehingga memiliki suhu udara yang sejuk dan sesuai dengan karakter tanaman Sakura.

Taman wisata alam ini dapat dijadikan sebagai lahan konservasi tanaman Sakura. Keberadaan taman wisata di Tawangmangu dapat meningkatkan citra positifnya sebagai eko wisata asri yang terkenal di Jawa Tengah.

Toyota akan bekerjasama dengan masyarakat sekitar untuk melakukan perawatan taman wisata selama 5 tahun ke depan. Hingga terbentuk taman wisata yang terdiri dari ratusan pohon sakura.

Taman wisata yang memiliki keunikan tanaman sakura ini tidak hanya menambah keindahan alam berupa keanekaragaman ekosistem. Namun juga dapat dimanfaatkan sebagai hutan wisata dan rekreasi alam. Yang nantinya turut menambah peningkatan keberlanjutan ekonomi dan sosial warga Tawangmangu.

 

suzukiertigahybrid

LEAVE A REPLY