Apakah Ini Mobil Yang Diinginkan Oleh Generasi Milenial?

0
mobil generasi milenial
suzukiertigahybrid

ROCKOMOTIF, Amsterdam – Sebutan generasi milenial saat ini sudah terdengar cukup akrab di telinga. Mereka adalah generasi yang lahir saat era internet sudah hadir di dunia. Akibatnya, mereka sudah terbiasa dengan keajaiban teknologi pasca munculnya internet. Lalu apa hubungannya dengan mobil baru?

Karena dianggap generasi milenial ini adalah konsumen potensial mobil di masa depan, maka satu demi satu pabrikan mobil pun berbenah demi memuaskan dahaga mereka terhadap kemajuan teknologi.

Bahkan pabrikan mapan sekelas Mercedes-Benz pun ikut serta memikirkan bagaimana caranya agar produk mereka bisa diterima di generasi milenial ini. Nah, baru-baru ini Mercedes-Benz menghadirkan generasi terbaru A-Class yang dibikin dengan segala kecanggihan untuk kaum milenial.

Yang menjadi fokus pabrikan Jerman ini adalah kecanggihan dari sistem hiburan dari A-Class. Karena segmentasi A-Class ini adalah konsumen muda, aktif dan sensitif terhadap sesuatu yang berbau teknologi terintegrasi.

Baca Juga: Mobil Keluarga Legendaris Ini Pelan-Pelan Akan Dibiarkan Punah

“Di mana Anda menemukan konsumen yang muda, sangat aktif, dan peduli dengan sistem hiburan canggih yang terintegrasi di mobil? Jawabannya hanya di A-Class,” ungkap George Massing, Director of User Experienced Mercedes-Benz seperti dilansir dari Autoblog.

“Konsumen inilah yang memiliki kepedulian tinggi terhadap teknologi. Bagi mereka, teknologi ini harus sangat mudah digunakan, dan terintegrasi langsung di mobil. Mereka sudah menunggu untuk itu. Jadi jika ada konsumen yang memang ingin sistem hiburan canggih, A-Class terbaru ini adalah jawaban kami untuk mereka,” tambahnya.

Apa Canggihnya Sih?

Memang seperti apa kecanggihan yang ada pada mobil entry level Mercedes-Benz terbaru ini. Ya, namanya mobil paling murah di segmen premium, tentu biasanya teknoloig dna fitur yang diusungnya pun terbilang biasa saja.

Tapi tidak bagi A-Class generasi terbaru ini. Karena Mercedes sudah membenamkan teknologi MBUX, atau Mercedes-Benz User Experience Interface.

Teknologi canggih MBUX ini tidak sekedar pamer fitur saja, tapi juga bisa berinteraksi antara si mobil dan pengemudi atau penumpangnya. Jika dulu mobil sudah cukup dengan adanya berbagai tombol dan layar sentuh, tapi kini mobil tidak hanya berfungsi untuk mengantarkan manusia dari titik A ke titik B.

Baca Juga: SUV Mazda CX-9 Banyak Fitur Canggih, Emangnya Berguna di Jalan?

Karena sekarang fungsi mobil sudah beralih ke gaya hidup, tapi juga bisa sebagai kantor berjalan, ruang konser pribadi, teater film, spa, teman, dan juga tempat belanja. Ini semua berkat hadirnya iPhone dan juga asisten pribadinya Siri, yang mengubah cara kita berinteraksi dengan teknologi.

Hey Mercedes 

Sekarang, layar hiburan di mobil tidak hanya harus bisa terkoneksi dengan internet, tapi juga bagaimana fitur itu bisa membantu keseharian si pengemudi. Mercedes MBUX ini pun berbasis dari Artificial Intelligence (AI), artinya ia memiliki kecerdasan buatan yang bisa mengerti si pemilik mobil.

Bukan berarti di dalam mobil A-Class baru ini ada robot yang bisa membantu Anda. Tapi MBUX ini bisa mendengarkan perintah suara Anda, tapi juga bisa berbicara kepada Anda.

Jika Anda familiar dengan kabin E-Class terbaru, maka kabin A-Class baru ini juga seperti itu. Ada dua layar lebar sebesar 21 inci beresolusi tinggi membentang dari depan supir hingga ke tengah. Oh iya, di A-Class ini juga jadi layar sentuh pertama Mercedes.

Fitur navigasinya pun dilengkapi dengan teknologi augmented reality (AR) yang membuat mobil ini memiliki tingkat akurasi yang sangat presisi. Mobil ini juga bisa mengikuti jadwal di kalender Anda dan juga mempelajari cara Anda berkendara.

Baca Juga: Tren Recall Juga Menjangkit Ke Toyota Dan Lexus

Bahkan ia juga bisa mengetahui kebiasaan Anda berbelanja dan juga tempat makan favorit Anda. Di sela perjalanan, nanti sistem ini bisa memberikan rekomendasi tempat belanja dan restoran untuk Anda.

Ada juga aplikasi Yelp dan Trip Advisor yang terintegrasi untuk memberikan rekomendasi hotel untuk Anda. MBUX ini juga memiliki perintah suara adaptif yang bisa mengenali bahasa sehari-hari Anda. Ia bisa mempelajari bahasa Anda dan juga perintah Anda.

Bahkan ia juga bisa dipanggil seperti Siri, dengan menekan tombol di setir atau hanya berkata, “Hey, Mercedes.”

A-Class Tetap Entry Level

Dengan segala kecanggihan MBUX itu, A-Class tetaplah mobil entry level Mercedes. Kini dimensinya mengalami perubahan, yaitu penambahan 30 mm (panjang) dan 14 mm (jarak pijak depan).

Tampilannya kini tak seagresif dulu, sedikit lebih kalem dan elegan seperti CLS baru. Lampu depan LED dengan DRL berbentuk seperti obor.

Sementara tampilan belakangnya terlihat lebih berotot. Karena lampunya dibikin lebih ramping dari generasi sebelumnya.

Di bagian dalam, selain kecanggihan MBUX di atas, Anda dapat memilih layar sentuh sesuai selera. Apakah dua layar 7 inci, satu layar 7 inci dan satunya 10,25 inci. Atau dua layar besar berukuran 10,25 inci.

Sementara untuk pilihan mesinnya, Mercedes menyediakan mesin baru. Ada tiga pilihan mesin, dua bensin (A 200 dan A 250) dan satu diesel (A 180d).

A 200 memiliki kapasitas 1.4 liter 4-silinder dengan tenaga 160 hp dan torsi 250 Nm. Dengan dua pilihan transmisi yaitu otomatis 7-speed DCT atau 6-speed manual. Mesin 1.4 liter ini adalah mesin 4-slinder pertama Mercedes yang dilengkapi dengan cylinder shut-off.

Sementara A 250 memiliki kapasitas 2.0 liter 4-silinder dengan tenaga maksimal 221 hp dan torsi 350 Nm. Sementara A 180d memiliki mesin 1.5 liter bertenaga 114 hp dan torsi 260 Nm. A 250 dan A 180d ini hanya akan dibekali dengan transmisi otomatis 7G-DCT.

Untuk sementara ini Mercedes-Benz baru memasarkan A-Class terbaru ini hanya untuk pasar Eropa saja. Pengiriman kepada konsumen akan dimulai bulan Maret mendatang.

Ada generasi milenial yang tertarik dengan teknologi MBUX di A-Class ini?

suzukiertigahybrid

LEAVE A REPLY