Ini Penyebab Motor Harley-Davidson Dibanderol ‘Selangit’

0
harley-davidson
Motor-motor Harley ini harganya bisa 3 kali lipat dari harga di Amerika
suzukiertigahybrid

ROCKOMOTIF, Jakarta – Bertepatan dengan perayaan satu tahun kehadiran Anak Elang Harley-Davidson of Jakarta, diler resmi moge asal Milwaukee ini juga memperkenalkan lini produk lansiran 2018. Disaksikan ratusan pemilik Harley-Davidson di seantero lima wilayah di Jakarta, lima model baru pun resmi diluncurkan, Minggu (25/2) lalu.

Kelimanya yaitu model Street 500 dan Street Rod 750, Sportster, Softail, Touring dan jajaran dari model CVO meliputi CVO™ Street Glide®, CVO™ Road Glide®, CVO™ Limited, dan 115th Anniversary CVO™ Limited.

Dealer Principal Anak Elang Harley Davidson of Jakarta, Sahat Manalu mengatakan bahwa pihaknya sudah meniagakan lebih dari 10 unit Harley Davidson terbaru. Modelnya bermacam-macam.

“Kami memang sebelumnya sudah menjual empat unit, kemudian saya deal lagi dengan beberapa konsumen. Jadi total sudah laku 10 unit untuk model-model terbaru ini,” ujar Sahat disela-sela temu media di Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Baca Juga: Beli Harley-Davidson Bisa Pakai Cicilan dan Ada Diskonnya

Menurutnya, pre order untuk model Harley-Davidson tahun 2018 tersebut sudah dibuka dari tahun lalu. Ia pun mengklaim bahwa para konsumen sangat antusias. Mereka, lanjut Sahat, mengetahui akan datang model baru dari sesama teman.

“Kami cukup terbantu dengan mode pemasaran seperti ini. Itulah titik keberuntungan kami, di mana showroom ini telah menjadi rumah kedua bagi mereka untuk bisa saling berbagi informasi,” kata Sahat.

Persoalan Rupiah Yang Selangit

Bicara segmentasi memang sejauh ini model-model Harley-Davidson yang terus diminati adalah tipe touring, dengan kubikasi mesin diatas 1.500 cc. Sementara untuk sekelas Street dapat dikatakan sebagai motor pemula.

Namun, disisi lain, Sahat mengaku cukup sulit untuk menjual unit-unitnya dikarenakan faktor pajak yang terus membumbung tinggi. Masih ditambah lagi dengan pajak barang mewah dan impor duty yang juga sangat melilit leher.

“Bagaimana kami tidak menjual dengan harga yang tinggi. Kami sudah dibebankan dengan berbagai aturan pajak dan biaya impor. Harga satu unit Harley ini dibanderol miliaran rupiah di Indonesia, berikut biaya barang mewah beserta pajak. Hal inilah yang membuat harganya yang sangat mahal,” tutur Sahat.

Padahal jika melihat harga asli unitnya di sana (Amerika Serikat), hanya berada di kisaran Rp 300 jutaan. Tapi setelah dikenakan pajak barang mewah dan biaya impor, langsung bisa naik 3 kali lipat lebih.

“Harga jualnya bisa mencapai Rp 1 miliar lebih loh! Untuk itulah dibutuhkan strategi jitu untuk menjual motor-motor seperti ini. Saya yakin persoalan yang sama juga dirasakan oleh distributor lainnya. Jadi, bukan perkara mudah untuk menjual Harley-Davidson di Indonesia,” tutup Sahat.

Berdasarkan brosur yang tertera di diler, harga jual untuk model-model yang diluncurkan dimulai dari banderol Rp 276 juta untuk Street 500.

Sedangkan untuk harga paling tinggi adalah model CVO Ultra Limited Anniversary Edition 115th, yaitu seharga Rp 2,1 milyar. Seluruh harga dalam status off the road.

suzukiertigahybrid

LEAVE A REPLY